Aktual, Independen dan Terpercaya


Tidur 8 Jam Sehari Jauhkan Anda Dari Risiko Penyakit Kronis

Tidur.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Setiap orang dianjurkan untuk tidur 8 jam sehari. Selain menjaga kebugaran tubuh, ternyata tidur teratur sesuai porsinya itu mampu mencegah berbagai penyakit. Sebagaimana dilansir dari laman Merdeka.com, berikut alasan mengapa anda butuh tidur 8 jam sehari:

 

1. Baik untuk otak

Setelah melalui aktivitas yang panjang seharian, otak Anda akan merasa lelah di malam hari. Oleh karena itu, tidur adalah cara terbaik untuk membantu menenangkan pikiran.

 

2. Mengurangi peradangan

Peradangan yang terjadi di tubuh dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes dan komplikasi lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur di malam hari memiliki tekanan darah tinggi dibanding mereka yang cukup tidur.

 

3. Berat badan yang sehat

Tubuh memiliki hormon yang disebut leptin. Hormon ini memainkan peran penting untuk membuat seseorang merasa kenyang. Bila Anda kurang tidur, kadar hormon ini turun, yang pada akhirnya membuat Anda sering merasa lapar dan kemudian makan lebih banyak.

 

4. Menurunkan stres

Tidur dapat membantu mengurangi stres. Karena itu, cobalah untuk tidur selama 8 jam setiap malam untuk menenangkan pikiran Anda.

 

5. Kehidupan seks yang lebih baik

Anda akan memiliki kehidupan seks yang lebih baik, jika Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Sebab, kurang tidur dapat mempengaruhi kadar testosteron pria.

 

6. Mengurangi risiko kanker

Studi terbaru menunjukkan bahwa wanita yang tidur kurang dari enam jam setiap malam memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih tinggi dibanding mereka yang memiliki tidur yang cukup.

 

7. Baik untuk imunitas

Mereka yang tidur selama 8 jam di malam hari memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang tidak.