Bripka Anra Nosa Rindu Takjil saat Puasa di Sudan

Bripka-Anra-Nosa.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ANRA NOSA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puasa Ramadan di negeri orang baru pertama kali dilakukan oleh Brigadir Polisi Kepala (Bripka) ANra Nosa. Sejak setahun lalu, Anra ditugaskan negara untuk bergabung dalam Polisi Perserikatan Bangsa-bangsa (UN Police) di Darfur, Sudan, sebuah negara di Benua Afrika, sejak bertahun-tahun berperang sesama mereka. 

 

Secara khusus anak Pekanbaru ini bercerita bagaimana puasa di Afrika kepada RIAUONLINE.CO.ID. Jauh dari keluarga, istri dan anak, membuat Anra rindu akan suasana puasa di tanah air. Apalagi, pas buka puasa banyak takjil dijumpai, sedangkan di Darfur, sama sekali tak ada seperti itu. 

 

"Alhamdulillah sejauh ini puasanya lancar-lancar saja. Cuma gak ada jualan takjil untuk berbuka puasa seperti kita di Indonesia, jadi ya apa-apa mesti disiapkan sendiri," kata lulusan SMP Negeri 1 Pekanbaru tahun 1998 ini. 

 

Baca Juga: Bripka Anra Nosa Jalani Puasa di Suhu 44 Derajat Celsius

 

Selain itu, ia menceritakan, puasa di Darfur dimulai sejak pukul 05.25 waktu setempat saat azan Salat Subuh berkumandang hingga bedug Salat Maghrib, 19.15.

 

"Kami yang muslim, anggota UN Police, untuk Salat Tarawih berjemaah biasanya melaksanakan secara bersama-sama di dalam camp-nya Bangladesh Military (masih di dalam UN compound). Sebab di sini kita memiliki jam malam, hingga jam 21.00. Dengan demikian, usai pukul 21.00, sudah tidak boleg lagi ada yang meninggalkan compound UN," kata Anra Nosa, lulusan SMA Negeri 9 Pekanbaru 2001. 

 

Bripka Anra Nosa Awasi Pengungsi Sudan

 

Ia mengatakan, Salat Tarawih di Camp ini dilakukan sebanyak 23 rakaat, plus dengan Salat Witir-nya. Setiap harinya, imam Salat tarawih membacakan 1 juz. 

 

Klik Juga: Inikah Masjid Pertama Dibangun di Daerah Panam?

 

Kebetulan, tuturnya, Salat Tarawih diimami dua prajurit asal Bangladesh dan penduduk lokal dari Sudan Selatan yang hapal Alquran. 

 

Bripka Anra Nosa saat Bertugas di UN Police

 

Sebelumnya, sebagai UN Police, Anra bikin geger staf PBB di sana. Dengan usia masih 33 tahun, ia sudah memimpin dua jenderal dan puluhan polisi berpangkat Kombes dan AKBP. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline