KPU Kota Pekanbaru Pertanyakan Anggaran Pilwako 2017

Logo-KPU.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mempertanyakan jumlah anggaran yang dikucurkan oleh Pemko Pekanbaru untuk penyelenggaraan Pilwako yang akan digelar pada tahun 2017 mendatang.

 

Hingga kini proyeksi anggaran yang diminta oleh KPU Kota Pekanbaru belum juga direspon oleh pihak Pemerintah Kota Pekanbaru. Padahal KPU Pekanbaru sudah mengajukan anggaran sejak tahun 2015 lalu.

 

"Kita sudah menganggarkan pada Tim TAPD Kota Pekanbaru mengenai anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilwako pada tahun 2017 mendatang. Dari anggaran yang kita susun, kita mengajukan anggaran sebesar Rp 33 miliar untuk penyelenggaraan Pilwako," ujar Ketua KPU Kota Pekanbaru, Amir Sijaya, Kamis (3/3/2016).

BACA JUGA: Sukseskan Pilkada Serentak 2017, KPU Pekanbaru Contoh KPU Dumai

 

Namun hingga kini, ketika tahapan sudah akan dimulai, Pemko Pekanbaru belum juga memberikan jawaban terkait anggaran yang perlu dikucurkan. "Hingga kini, belum ada informasi atau pemberitahuan resmi terkait berapa anggaran yang disetujui," pungkasnya.

 

Karena belum mendapat informasi resmi, Amir mencoba mencari tahu dengan menggali informasi dari banyak sumber di Pemko Pekanbaru. Hasilnya, ia menemukan anggaran yang disetujui oleh Pemko untuk Pilwako sangat jauh kurang dari yang diajukan. Hanya sebesar Rp 18,276 miliar.

KLIK JUGA: KPU Riau Akan Panggil KPU Pekanbaru dan Kampar

 

"Dari informasi yang kita kumpulkan, anggaran yang disetujui itu hanya sebesar Rp 18 Miliar lebih saja. Kalau segitu kita langsung saja katakan kalau anggaran sebesar itu tak akan cukup untuk penyelenggaraan Pilwako," terangnya.

 

Untuk memperjelas hal tersebut, Amir dan seluruh komisioner KPU Kota Pekanbaru yang lain hari ini akan menjumpai Pemko Pekanbaru untuk meminta kejelasan anggaran yang akan dikucurkan. Ia mengharapkan agar Pemko bisa melihat betapa pentingnya dukungan untuk menyukseskan Pilwako ini.

LIHAT JUGA: Pemilih di 10 Kecamatan Kampar dan Pekanbaru Tumpang Tindih 

 

"Kita semua harusnya menyadari betapa pentingnya peran dan posisi penyelenggaraan Pilkada ini. Karena sukses atau tidaknya pilwako ini akan menentukan rupa pemerintahan Kota Pekanbaru satu periode mendatang," demikian tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline