Ubahlah Pola Hidup, Ini Penyebab Diabetes Saat Muda

nyenyak.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Usia muda bukan jaminan bagi anda yang hidup di era modern saat ini terbebas dari penyakit yang biasanya menyerang orang usia tua. Pola hidup yang tidak teratur justru pemicu berbagai penyakit. Salah satunya diabetes.

 

Saat ini diabetes bukan hanya "milik" orang berumur tua. Semakin banyak orang berusia di antara 20 sampai 30 tahun memiliki kadar gula darah tinggi, atau bahkan didiagnosis dengan pre-diabetes dan diabetes.

 

Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup modern yang dijalani zaman sekarang. Sebenarnya, diabetes bisa Anda hindari, dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan berikut menjadi lebih sehat: (KLIK: Romli Sebut Panitia Tak Becus Gelar Kongres HMI)

 

Melewatkan Sarapan

 

Dengan jadwal yang padat, "lupa sarapan" adalah alasan klasik untuk melewatkan sarapan. Padahal, sarapan penting sebagai sumber energi untuk aktivitas selama sehari, dan berperan dalam mengontrol gula darah.

 

Berdasarkan hasil studi University of Minnesota School of Public Health, membiarkan tubuh kelaparan hingga siang dapat mengganggu stabilitas gula darah. Belum lagi, menahan lapar sepanjang pagi akan membuat Anda makan lebih banyak pada saat makan siang. (LIHAT: Stop. Kurangi Pemakaian Headphone)

 

Sediakan waktu untuk sarapan setiap pagi, dan pilih menu yang kaya nutrisi untuk mengawali hari. Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks seperti sepiring oatmeal, yang ditemani susu rendah lemak.

 

Konsumsi Minim Serat

 

Serat merupakan pahlawan bagi pencernaan Anda. Berita baik lainnya, nutrisi yang satu ini memperlambat perubahan karbohidrat menjadi gula, sehingga mencegah peningkatan gula darah.

 

Tingkatkan konsumsi serat lewat sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Anda bisa memasukkan variasi sumber serat ini ke dalam menu makanan setiap hari. (BACA: Buah Ini Hilangkan Kulit Berminyak, Tambahkan Juga Madu)

 

Begadang

 

Tahukah Anda bahwa tidur kurang dari enam jam sehari dapat merusak hormon pengatur gula darah dan tingkat rasa lapar? Otomatis, kebiasaan begadang membuat Anda menjadi lebih rentan terhadap diabetes. Jadikan waktu tidur sebagai bagian dari prioritas, antara 7-8 jam setiap harinya.

 

Kurang Aktivitas Fisik

 

Kapan terakhir Anda berolahraga? Kesibukan sehari-hari terkadang sebegitu padatnya sampai tidak bisa meluangkan waktu untuk aktivitas fisik.

 

Semakin jarang bergerak semakin banyak pula jumlah kalori tersimpan dalam tubuh. Tingginya kalori membuka peluang lebih besar akan risiko kegemukan dan diabetes.

 

Bukan berarti Anda yang berat badannya normal bebas dari diabetes. Kurangnya aktivitas fisik juga membuat metabolisme dalam tubuh lebih lambat, termasuk bagaimana tubuh mengontrol gula darah.

 

Luangkan waktu untuk olahraga atau aktivitas fisik lainnya tiga sampai empat kali dalam seminggu. Anda bisa menggunakan waktu senggang di akhir pekan atau setelah selesai waktu kerja.

 

Konsumsi Minuman Sarat Gula dan Kalori

 

Alkohol, minuman manis, dan soda lumrah dikonsumsi sehari-hari karena rasanya memang enak dan manis. Padahal, jenis minuman ini memiliki kandungan kalori dan gula tidak sedikit.

 

Kalau berlebihan manis di depan, malah diabetes di belakang. Maka itu, sebaiknya ketika haus bisakan lebih banyak minum air putih.

 

Jika harus minum kopi atau teh, gunakan gula rendah kalori sebagai pengganti gula biasa. Misalnya, Anda bisa memilih Tropicana Slim Sweetener untuk solusi yang lebih sehat.