Pasukan Pemadam Masih Bertahan di Hutan

Pemadam-Padamkan-Api-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Pasukan Satgas TNI Siaga Karlahut Riau masih terus bekerja hingga kini. Operasi masih tetap berjalan meski kondisi udara sudah membaik.

 

Menurut Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjend TNI Nurendi operasi akan tetap berjalan karena hingga sekarang belum ada perubahan intruksi yang diberikan oleh pusat terhadap pasukan yang bertugas di Riau. (KLIK: Kejati Riau Terima 45 Berkas Perkara Pembakar Hutan)

 

"Pada dasarnya hingga sekarang mereka masih menggelar operasi di seluruh wilayah kabupaten dan kota yang ada di Riau. Kita tetap melakukannya sampai datang perintah untuk kembali ditarik ataupun dialihkan untuk melakukan tugas lainnya," ujar Nurendi, Rabu (11/11/2015).

 

Namun Nurendi mengatakan memang ada perubahan prioritas setelah asap menghilang. Jika sebelumnya prioritas operasi adalah melakukan pemadaman api dan penanggulangan kesehatan yang sifatnya represif, namun kini prioritasnya adalah pada operasi preventif. (BACA: Sempat Tertunda Karena Asap, Tour de Siak Digelar 23 November 2015)

 

"Sekarang operasi kita hanya melakukan sosialisasi, patroli gabungan, dan tetap waspada supaya lahan tetap kondusif dan jangan sampai ada lagi yang membakar lahan yang sudah aman ini," ujar Nurendi.

 

Menurut laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, hotspot untuk di Riau selama beberapa minggu ini cenderung membaik menyusul musim penghujan. Hujan yang mengguyur Riau dua pekan terakhir membuat titik panas tidak berpotensi menjadi titik api. (LIHAT: (Video) Kabut Asap Tebal Melanda Cina)

 

"Sekarang ini musim hujan, makanya titik api tak ada lagi. Ya semoga saja hal ini dapat berlangsung lebih lama supaya tak ada lagi asap," ujarnya kepada RIAUONLINE.CO.ID.