Riau Sediakan Ruang Evakuasi Darurat Asap

RIAUONLINE, PEKANBARU – Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman akan membuka Posko Evakuasi Darurat Asap Riau di Gor Tribuana, Jalan Diponegoro. Hal ini disampaikan Andi - sapaannya seusai menemui tokoh Riau dan elemen masyarakat di Kantor Gubernur Riau. (KLIK: Tolong, Evakuasi Kami dari Riau Sekarang Juga)  


Sebelumnya tokoh Riau dan elemen masyarakat meminta pemerintah membuka seluruh kantor instansi pemerintahan dan lobi hotel yang ada di Riau. Namun hal ini ditolak Andi karena akan mengganggu aktivitas pemerintahan dan administratif. Sedangkan untuk pemakaian hotel akan lebih panjang proses pengurusannya hingga pihak hotel bisa mengabulkan. (BACA: Biaya Plesiran DPRD Riau 4 Kali Lipat Dana Asap)  


“Dari rapat kita tadi siang antara Forkopimda dan Tim Satgas, kita memang sudah berencana untuk mendirikan posko yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan pengobatan gratis. Namun karena ada masukan bagus dari kawan-kawan untuk mendirikan posko evakuasi ya akan kita lakukan survey usai pertemuan ini juga,” tutur Andi Rachman kepada perwakilan masyarakat yang hadir, Senin (14/9/2015) sore. (LIHAT: 12 Perusahaan HTI Pembakar Lahan Dilaporkan Ke Menteri)  


Sedangkan untuk posko evakuasi di kabupaten/ kota, Andi menyerahkan sepenuhnya kepada kepala daerahnya masing-masing yang memiliki otoritas di daerahnya. “Yang jelas bupati maupun wali kota harus menyiapkan tempat umum yang bisa digunakan sebagai tempat evakuasi dan pengobatan yang cukup besar,” lanjut Andi yang didampingi oleh Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjen TNI Nurendi. (BACA JUGA: Inilah Empat Butir Riau Tanggap Darurat Asap

Tokoh Riau, Azlaini Agus menekankan kepada Plt Gubernur Riau supaya menyiapkan segala kelengkapan dan fasilitas yang ada di Posko Evakuasi nantinya.

“Kepada Pak Plt Gubernur untuk melengkapi segala fasilitas yang ada di sana seperti obat-obatan, fasilitas pengobatan dan pemeriksaan, listrik, air dan tempat peristrirahatan yang layak bagi masyarakat yang hendak mengungsi. Dan yang terpenting adalah penyaring udara yang baik sehingga masyarakat yang mengungsi di posko akan aman dan terhindar dari bahaya asap,” tunturnya. (KLIK JUGA: Jokowi: Cabut Izin Perusahaan dan Pidanakan)  


Plt Gubernur kemudian berjanji untuk mengabulkan permintaan tersebut dan akan melakukan survey malam ini, Ia meminta Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau untuk menyiapkan segala persiapan yang dibutuhkan untuk pendirian posko evakuasi esok hari.