Aktual, Independen dan Terpercaya


Azlaini Agus Menangis Negara Gagal Atasi Asap

Azlaini.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Tokoh Riau Azlaini Agus menuding pemerintah baik pusat maupun daerah telah gagal melaksanakan fungsinya sesuai amanat konstitusi menyusul bencana asap Riau tak kunjung usai. Negara menurut Azlaini tak bisa memberikan perlindungan terhadap kehidupan warganya.


“Negara gagal beri perlindungan terhadap warganya. Negara sudah lalai terhadap masalah asap yang sudah menahun ini. Dan akui saja kalau memang negara sudah gagal dan parahnya kegagalan ini terjadi berkepanjangan,” tutur Azlaini sambil terisak menangis tak kuasa menahan emosi dan kekecewaannya terhadap pemerintah. di hadapan Plt Guberur Riau Arsyadjuliandi Rachman. (BACA JUGA: 12 Perusahaan HTI Pembakar Lahan di Laporkan Ke Menteri

 

Menurut Azlaini, kabut asap ini bisa dilakukan pencegahan jika para pemimpin daerahnya mau tegas dalam menegakkan hukumnya. Ia mengatakan pada tahun 2007 dan 2008 itu asap tidak sampai dirasakan masyarakat. (KLIK: Selamat Jalan Hanum, Gadis Kecil Korban Ganasnya Asap Riau)

 

“Waktu itu jangankan sampai membahayakan masyarakat, bahkan meresahkan-pun tidak. Karena apa? Karena waktu itu Kapoldanya berani dan tegas untuk memberikan peringatan kepada seluruh perusahaan yang ada di Riau. waktu itu seluruh pimpinan perusahaan dipanggil oleh Kapolda untuk diperingatkan kalau sampai ada lahan perusahaan yang ditemukan terbakar maka kepolisian akan mengusut dan dan membawa hingga ke pengadilan,” tegas mantan wakil Ombudsman RI ini.

 

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau, Al-Azhar menambahkan pada tahun 2012 ketika ajang PON ke-18 digelar di Riau asap tidak terasa dan berdampak bagi masyarakat. (LIHAT: Hanum Disebut Meninggal Karena Asap, Ini Kata Dokternya

 

“Walaupun saat itu tujuannya adalah pengamanan cuaca untuk suksesnya PON, tapi kita tetap mengapresiasi karena hal itu kemudian membuat asap tak dirasakan oleh masyarakat. Nah kenapa hal itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sekarang? Inilah kenapa kita mengatakan bahwa negara memang telah gagal mengelola dalam konteks asap ini,” kata Al Azhar dengan mengenakan baju putih serta peci hitam dikepala. (BACA: Tuntut Ganti Rugi dan Bui Pemilik Lahan Terbakar)

  

Ia meminta Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman membuat tempat evakuasi masyarakat Riau yang terdampak paparan asap. Al-Azhar dan Azlaini Agus datang bersama beberapa elemen masyarakat lain juga bersama organisasi lingkungan yang tergabung dalam Koalisi Penyelamat Sumber Daya Alam Riau (Koalisi PSDA Riau) pada Senin (14/9/2015) siang.