Apa.. Rp 385 Milyar Untuk Padamkan Api?

Kebakaran-Lahan-dan-Hutan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, menyebut pemerintah menganggarkan Rp 385 Miliar untuk menanggulangi masalah kebakaran hutan dan asap di Indonesia. Anggaran tersebut dialokasikan untuk enam Provinsi rawan kebakaran lahan di Indonesia.

“Anggaran Rp 385 Miliar itu untuk enam Provinsi. Untuk di Sumatera itu Riau, Jambi dan Sumatera Selatan yang cukup parah ketika musim kebakaran terjadi,” ujar Willem di Posko Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Rabu (9/9/2015).

(BACA JUGA: Pemerintah Riau Jangan Jadi Anak Durhaka

 

Sekretaris Utama BNPB, Tri Budiarto menyebut anggaran itu sebagian besar digunakan untuk operasional dan sewa pesawat serta helikopter yang digunakan ketika musim kebakaran kian parah.

(KLIK JUGA: Presiden Jokowi Perintahkan Atasi Asap Riau Dalam 2 Pekan

 

“Paling banyak menghabiskan anggaran itu untuk sewa pesawat Kassa dan Helicopter yang digunakan untuk Waterboombing dan TMC. Juga sewa pilot luar negeri yang biayanya cukup mahal. Selain itu relatif tak terlalu menghabiskan biaya terlalu besar,” ungkap Tri yang berada di sebelah Willem.

Willem menyebut bahwa kabut asap di Riau ini mesti segera diselesaikan. Asap bukan lagi mengganggu, tapi sudah mengancam kehidupan masyarakat yang ada di wilayahnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline