Kembangkan Kreativitas Dengan Menulis

Tiga-siswa.jpg
(Ulti Desi Arni)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menjelang anugerah jurnalistik tingkat nasional yang bakal digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dinas Pendidikan Riau mengadakan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) tingkat provinsi, di Hotel furaya, Pekanbaru, Selasa (11/8/2015).

 

"Untuk mendukung program itu kementerian. makanya provinsi Riau mengadakan Lomba Karya Jurnalistik Siswa tingkat SMP ini," kata Dewan Juri, Junaidi, kepada RIAUONLINE.CO.ID.

 

Hasil karya tersebut bakal diperlombakan ditingkat nasional. "Hasil karya-karya yang terbaik dari tingkat provinsi akan dikirim karyanya ke tingkat nasional," tambahnya.

 

Dia mengharapkan, dengan adanya lomba menulis tersebut diharapkan para siswa dapat lebih kreatif lagi mengembangkan ilmu jurnalistik di lingkungan sekolah masing-masing.

 

"Siswa diharapkan bisa mengelola buletin sehingga mereka mahir dalam menulis," katanya.

 

(BACA JUGA: GBMN Ajarkan Mengosok Gigi Murid Pedalaman)

 

Kegiatan LKJS sudah memasuki tahun ketiga diadakan Dinas Pendidikan. Peserta terdiri dari 5 perwakilan Sekolah Menengah Pertama setiap kabupaten provinsi Riau.

 

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rokan 4 Koto kabupaten Rokan Hulu, Sri Rusniawati merasa optimis memenangi Lomba itu. "Yakin tidak yakin harus yakin menang kak," katanya.

 

Sementara itu, guru pembimbing dari SMP Negeri 1 Rokan 4 Koto, Muhammad Sahir mengatakan, telah melakukan persiapan setelah mendapatkan informasi dari dinas dalam bentuk pelatihan, meski sekolahnya masih pemula dalam ilmu jurnalistik. "jadi kami baru mengenal, baik segi teknisi dan materi baru belajar," ujarnya.

 

Dia yakin, melalui lomba menulis ini dapat mengembangkan kreativitas anak didiknya.