Aktual, Independen dan Terpercaya


Daftar Haji Sekarang, Berangkat 17 Tahun Kemudian

Jamaah-Calon-haji.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/UCHI)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seseorang yang mendaftar haji saat ini, baru bisa berangkat 17 tahun kemudian. Lamanya menunggu waktu keberangkatan ini, lantaran kuota terbatas sedangkan peminat haji tinggi.

 

"Jika ada calon jamaah yang baru mendaftar tahun ini, kita perkirakan berangkat pada 2032. Kalau masih terjadi pemotongan quota, maka 17 calon peserta haji harus menunggu," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Defizon kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat (7/8/2015).

 

Defizon mengungkapkan, setiap hari ada saja masyarakat yang mendaftar untuk berangkat haji. Sementara antreannya 16.000 orang. "Di Pekanbaru, sekitar 20 orang mendaftar hari setiap hari," ungkapnya.

 

Rata-rata setiap bulan, lanjut Defizon, orang mendaftar hingga 250 orang, khusus untuk Kota Pekanbaru. "Tahun ini jamaah Kota Pekanbaru yang berangkat dan belum termasuk cadangan, berjumlah 1012 orang," katanya.

 

(BACA JUGA: Ini Persamaan dan Perbedaan Haji Plus dan Reguler)

 

Jamaah cadangan adalah mereka yang seharusnya berangkat pada Tahun 2016 mendatang, namun memiliki kesempatan berangkat pada tahun ini.

 

"Jamaah cadangan ini adalah mereka yang berangkat pada tahun 2016 mendatang yang diambil 5 persen urutan teratas. Jadi jika ada jamaah yang tahun ini sudah melunasi pembiayaan tapi tidak jadi berangkat, maka secara berurutan yang cadangan ini masuk," jelasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline