Petahana Tidak Maju, Dapil 1 Bengkalis Diminati Bacaleg PDIP 2024

PDIP-Bengkalis3.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS-Tidak majunya petahana dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bengkalis membuat pertarungan bakal calon legislatif (bacaleg) 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) I Bengkalis - Bantan menjadi rebutan dan menarik minat para bakal calon.

 

Pasalnya, bakal caleg dapil 1 Bengkalis Bantan bakal akan rebutan kursi yang ditinggalkan incumben Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Syofian dikarenakan maju bakal caleg Provinsi, Riau.

 

Kekosongan petahana Dapil 1, Bengkalis Bantan ini dibenarkan oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Bengkalis, Rahmad S I Kom, Senin 12 September 2022.

 

 

 

"Kita pastikan informasi itu benar, dan petahana dari Dapil 1 Bengkalis Bantan dinaikan calon provinsi Riau," tegas Rahmad.

 

Politisi senior partai besutan Megawati Soekarno inipun optimis, tidak majunya petahana di caleg DPRD Kabupaten Bengkalis bukan pula melepaskan kursi yang telah ada, bahkan diupayakan akan menambah menjadi dua kursi.

 

"Kendatipun petahana mencalonkan diri ke provinsi, tidak semena-mena meninggalkan kursi yang sudah ada. Bahkan, dapil 1 yang sebelumnya satu kursi akan ditargetkan menjadi dua kursi karena kita menjagokan calon calon yang potensi untuk duduk di legislatif,' ulasnya.

 

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dari Fraksi PDI P, Syofian mengatakan dengan tekat bulat dirinya maju bakal calon legislatif Provinsi Riau pada tahun 2024 mendatang.

 

Bahkan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dua periode inipun mengaku, banyak bacaleg yang ingin bergabung ke partai PDI P dikarenakan dirinya maju sebagai caleg provinsi. 


 

 

Pun demikian, langkah yang diambil merupakan tersebut telah melalui mekanisme internal partai.

 

"Langkah ini adalah bagian dinamika politik, idealnya, setelah melalui diskusi bersama ketua DPC PDI P dan teman teman, saya pastikan maju bacaleg di Provinsi Riau," tegas Syofian menambahi.