Tingkatkan Kreativitas, Rutan kelas IIB Siak Berdayakan Warga Binaan

Warga-binaan-Rutan-kelas-IIB-Siak.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

RIAUONLINE, SIAK-Sebagai wujud keperdulian, Rutan kelas IIB Siak melakukan kegiatan pemberdayaan dengan cara meningkatkan kreativitas para narapidana. 

Saat ini Rutan kelas IIB Siak sedang melakukan peningkatan di bidang sumber daya manusia (SDM) dengan meningkatkan kreativitas para warga bianaan.

Di antaranya pelatihan kerajinan pembuatan meja menggunakan akar pohon yang kemudian diukir sebagus mungkin hingga memiliki nilai jual.

 

Kemudian di bidang perkebunan di lakukan penanaman sayuran seperti, terong, kangkung, bayam dan ternak ikan lele, dilakukan di pekarangan sekitar rutan yang kosong, hasilnya dijual ke dapur tahanan rutan kelas IIB Siak Sri Indrapura.

Warga binaan Rutan kelas IIB Siak3


Warga binaan Rutan kelas IIB Siak memanen kangkung hasil kebun/Hendra Dedafta/Riau online

Dalam hal ini proses peningkatan kreativitas dilakukan bertahap bergantian secara berkelompok.

Kepala Rutan kelas IIB Siak Sri Indrapura Tonggo Butar Butar, Kamis 18 November 2021 pelatihan merupakan wujud kepada warga binaan,

Petugas Rutan kelas IIB Siak memerkan hasil kebun warga binaan/Hendra Dedafta/Riau online

"Kegiatan seperti ini selain meningkatkan kreativitas juga menambah kegiatan positif, ilmu baru bagi narapidana sehingga nanti ketika sudah keluar dari Rutan ini mempunyai skill kemampuan yang dapat di kembangkan dan semoga tidak melakukan kejahatan lagi," katanya.

Guna menambah semangat para narapidana, mereka akan diberi upah dan hasil penjualan akan dikumpulkan dan diberikan ketika mereka sudah keluar dari Rutan ini sebagai tambahan uang pesangon.

 

 

Petugas rutan, Herdianto Syam Ginting menangatakan, selain membuat para warga binaan juga menanam sayuran dan  ternak ikan lele.

"Kita ajarkan dari awal hingga selesai panen sehingga narapidana betul-betul memahami apa yang mereka kerjakan," katanya.