Makin "Betah" di Siak, Setiap Hari Ada 20 Warga yang Posif Covid-19

Virus-corona52.jpg
(istimewa)

Laporan SAHRIL RAMADANA

 

RIAU ONLINE, SIAK - Penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Siak Provinsi Riau makin menghawatirkan. Lebih dari 20 orang setiap hari tertular wabah tersebut.

 

Sebagai contoh, pada Sabtu dan Minggu pekan lalu, penambahan kasus Covid-19 di 'Negeri Istana' tersebut mencapai 156. Ini menandakan, virus Corona makin betah di Kabupaten Siak.

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari dinas kesehatan, total jumlah pasien positif Covid-19 di Siak 3.744. Yang masih dirawat 700 lebih. Sementara yang dinyatakan sudah sehat 3.000-an lebih dan yang meninggal dunia 100 orang 

 

 


 

"Masih ada 197 sampel lagi yang masih ditunggu hasilnya. Sampel ini dari mereka yang kontak erat dengan pasien positif yang telah diambil swab-nya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tonny Chandra, Senin 10 Mei 2021.

 

Tingginya kasus Covid-19 membuat pemerintah daerah harus bekerja ekstra. Solusi awal yang dibuat untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut membuat beberapa himbauan kepada masyarakat.

 

 

 

"Kita sedang berusaha menciptakan iklim yang kondusif kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono.

 

Ia mengatakan kedepannya mematuhi protokol kesehatan merupakan gaya hidup. Solusi lain yang dibikin yakni melakukan penyekatan serta menerapkan PPKM skala mikro.

 

Selain itu penerapan Operasi Yustisi berskala lokal guna menyadarkan masyarakat tentang protokol kesehatan. Perda tentang Penanggulangan Covid-19 dan Penyakit Menular Nomor 4 Tahun 2020 juga sudah dibikin agar wabah dari Cina tersebut cepat teratasi.