Sungai Meluap, 320 Rumah di Tiga Desa Rohul Terendam Banjir

Banjir-di-Rohul.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, ROHUL - Sekitar 320 rumah di tiga desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terendam banjir. Polres Rohul telah mengevakuasi sejumlah warga ke tempat aman menggunakan perahu karet, Selasa, 26 Desember 2023, sore.

"Ada 3 desa yang terendam banjir. Yakni Desa Babussalam, Kelurahan Pasirpengaraian serta Desa Pematang Barangan," ungkap Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono.

Budi menyebut dua di antara sejumlah warga yang dievakuasi merupakan lansia, Sahar (93) dan Yuslaini (63), yang merupakan warga Desa Babussalam. Keduanya terpaksa dievakuasi lantaran rumahnya terandam banjir.

"Kita juga melakukan evakuasi masyarakat lansia yang terkurung banjir," jelas Budi.

Menurut Budi, banjir disebabkan Sungai Batang Lubuh di Kecamatan Rambah, Rohul, meluap.


Budi menjelaskan hingga sore kemarin banjir merendam 140 rumah atau kepala keluarga di Desa Babussalam dengan ketinggian air mencapai 80 cm. Dua fasilitas umum juga terendam banjir.

"Ada dua orang warga yang kami evakuasi menggunakan perahu karet ke TK Babussalam yang aman dari banjir," jelas mantan Kasat PJR Ditlantas tersebut.

Sementara di Kelurahan Pasir Pengaraian ketinggian air mencapai 70 cm yang merendam 110 rumah. Sedangkan di Desa Pematang Berangan, 70 rumah terdampak banjir dengan ketinggian 90 cm.

Ia menegaskan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, ia mengimbau warga untuk tetap mewaspadai banjir.

Sementara itu, Polres Rohul berjaga di lokasi terdampak banjir. Sejumlah personel Polres Rohul disiagakan menjaga warga mengingat banyak anak-anak yang bermain di tengah banjir.

Warga pun diminta untuk tidak meninggalkan lokasi dan tetap berhati-hati jika air sungai kembali naik.