Dua Kecamatan di Rohil Dilanda Karhutla

Kepulan-asap-di-desa-okura.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, ROHIL - Bumi Lancang Kuning kini tengah dalam ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Lahan di Kecamatan Kubu dan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dilalap api pada Rabu, 26 Juli 2023, kemarin.

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto, mengatakan saat ini pihaknya baru sampai di lokasi karhutla. 

"Lokasi Karhutla cukup jauh, saya sampai di lokasi," ujar AKBP Andrian kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 27 Juli 2023.

"Jarak menuju ke lokasi sekitar 4 jam. Akses cukup susah ke sana," lanjutnya.

Saat ini pihaknya tengah fokus pada proses pemadaman agar api tidak menjalar hingga mengakibatkan kebakaran yang lebih luas.

"Tadi tim berangkat serentak ke Kubu dan ke Pujud. Kami upayakan pemadaman terlebih dahulu," pungkasnya. 


Sebelumnya, karhutla juga terjadi di Jalan Cipta Nusa, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Selasa, 25 Juli 2023.

Rohiman Purba (43) diduga pelaku yang membakar lahan tersebut ditangkap Polresta Pekanbaru bersama sejumlah barang bukti

"Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi, RH ditetapkan sebagai tersangka pembakar lahan di Okura," sebut Kasat reskrim Polresta, Kompol Bery Juana Putra, Rabu, 26 Juli 2023.

Saat itu tim gabungan Satgas Gakkum Karhutla, Subdit lV Ditkrimsus Polda Riau, Sat Reskrim Polresta dan Reskrim Polsek Rumbai Pesisir datang ke lokasi menyelidiki kasus tersebut. 

"Didapati barang bukti dan pelaku atas nama RH. Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui perbuatannya melakukan pembakaran lahan," katanya

"Pelaku dan barang bukti akhirnya kita bawa ke Mapolres untuk proses penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.