Pelayanan Terbaik adalah Hak Pelanggan, Ombudsman RI Minta PLN Berbenah

KAHMI-Rohul5.jpg
(HO Via Riauonline)

RIAU ONLINE, PASIR PENGAIRAN-Anggota Ombudsman RI Hery Susanto mengatakan kerusakan instalasi pelanggan PLN di wilayah Riau dan Kepulauan Riau sepanjang tahun 2020 mencapai 19 ribu (18 persen dari total keluhan yang masuk ke Call Center 123) perlu menjadi perhatian banyak pihak agar pengembangan sektor kelistrikan di Riau khusus Rokan Hulu semakin baik.

"Perlu perbaikan pelayanan publik yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara. Mulai dari manajemen pengaduan masyarakat, monitoring percepatan respon pelayanan, transparansi biaya misalnya dalam pembuatan instalansi dan terakhir Inovasi layanan seperti whatsApp, aplikasi PLN mobile," katanya.

Pernyataan itu dilontarkan Hery dalam acara yang digelar Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Rokan Hulu (MD KAHMI Rohul) bekerjasama dengan PT PLN Wilayah Riau Kepri menggelar Seminar Daerah pada Sabtu 17 Juni 2023 bertempat di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian.

Kegiatan ini mengangkat tema Pengembangan Sektor Kelistrikan Daerah Dalam Perspektif Pelayanan Publik, dengan narasumber berasal dari PT PLN Riau Kepri, Pemda Rohul dan Ombudsman Perwakilan Riau.

Hery mengatakan, mendapatkan pelayanan yang baik dalam sektor listrik sudah menjadi hak pelanggan sebagaimana diatur Pasal 29 ayat (1) UU Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Termasuk juga mendapat tenaga listrik secara terus-menerus dengan mutu dan keandalan yang baik. Sehingga peran PT PLN sebagai BUMN kebanggaan bangsa dapat dirasakan masyarakat Rokan Hulu.

Ketua Umum MD KAHMI Rohul, Lufita Nur Alfiah, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ruang edukasi bagi masyarakat di Rohul tentang arti pentingnya sektor kelistrikan.


"Masyarakat Rohul perlu mengetahui sudah sejauh mana pengembangan kelistrikan di Rohul ini. Jika tahun 2019 tingkat electrifity Rohul baru 60% dan tahun ini sudah mencapai 92,8% per Mei 2023 ini. Itu tentu perlu kita apresiasi." kata Lufita

Mewakili Bupati Rokan Hulu, Asisten I Fathanalia Putra ini berharap kehadiran Ombudsman RI di kegiatan ini dapat memberikan perspektif baru untuk Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor listrik.

"Dan tentunya juga kami ucapkan terima kasih kepada KAHMI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini." ucap Fatha.

 

Ditambahkan Fatha, listrik saat ini sudah menjadi hal sangat penting dalam kehidupan masyakarakat, betapa banyak pelayanan publik yang harus dikerjakan Pemerintah tergantung energi listrik.

Sehingga Pemda Rohul memandang perlu kerjasama semua pihak dalam mengelola dan mengembangkan sektor listrik salah satunya masyarakat dan Pemda dewasa dan bijak dalam menggunakan energi listrik.

Dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari kalangan Kepala Desa, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Organisasi Pemuda dan Mahasiswa yang ada di Rokan Hulu.