Kapolda Luncurkan Aplikasi Bersama Selamatkan Riau di Mapolres Rohil

Irjen-Agung-2021-5.jpg
(Roni Tuah/Riau Online)

Laporan Roni Tuah

RIAUONLINE, ROHIL-Polda Riau luncurkan aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) di Mapolres Rokan Hilir, Rabu 13 Oktober 2021.

Peresmian di Polres Rohil, merupakan kali ketiga yang dilakukan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi. 

 

Sebelumnya, Aplikasi BSR diresmikan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, dan ketiga di Kabupaten Rokan Hilir.

 

Kata Kapolda, meskipun kondisi Covid sedang mereda, konsolidasi harus dilakukan untuk menghadapi hal yang paling buruk. Dengan pemanfaatan aplikasi BSR, hendaknya dapat menghadapi ancaman gelombang ketiga Covid19. 

 

 

"Melalui pemanfaatan aplikasi bersama selamatkan riau ini dalam rangka itu, kita diberikan warning tentang ancaman gelombang ketiga covid 19," jelasnya.

Aplikasi ini berisikan data warga terkonfirmasi Covid-19 dari tes PCR dan tes rapid antigen setiap harinya, yang bersumber dari data nasional, kemudian dikonfirmasi kembali ke petugas di lapangan. 

 


 

"Intinya dari kondisi ini adalah bagaimana kesiap siagaan kita dan kolaborasi yang sudah berjalan selama ini kita tingkatkan, kita lebih berdaya gunakan orang perorang, peralatan, teknologi dan keuangan kita," Katanya. 

 

Dengan aplikasi ini, penanganan covid-19 dapat dipantau secara langsung oleh Satgas Covid, mulai dari mengkonfirmasi data, tindakan medis yang telah dilakukan, apa saja yang dibutuhkan warga yang terkonfirmasi dan pasien sudah berkontak dengan siapa saja. 

 

 

"Kita menjawab dengan aplikasi ini bekerja untuk memaatikan tidak ada satu orang pun terkonfirmasi positif covid yang tidak tertangani, tenaga kesehatan, petugas, tenaga isoter, isoma, tenaga puskesmas, apoteker semua bekerja, agar yang sakit tidak menjadi berat, yang berat tidak sampai meninggal, dan lebih utama lagi tidak terjadi penularan," ungkapnya.