Resahkan Masyarakat, Polsek Benai Bakar Rakit PETI Beroperasi di Sungai Kuantan

Rakit-peti-dibakar.jpg
(Dok. Polres Kuansing)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sejumlah rakit yang digunakan untuk aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dimusnahkan dengan cara dibakar, Kamis, 2 November 2023 sekira pukul 14.30 WIB.

Rakit yang digunakan untuk aktivitas PETI tersebut dinilai sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar. Sejumlah rakit tersebut beroperasi di Sungai Kuantan di Desa Tanjung Simandolak dan Gunung Kesiangan.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito melalui Kapolsek Benai Ipda A Candra Widodo mengatakan aktivitas tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar.

Satu rakit ditemukan di daerah Tanjung Simandolak berada ditengah sungai kuantan. Mengingat rakit tersebut berada ditengah sungai maka cukup sulit untuk dijangkau.


Kemudian dilanjutkan penyisiran ke sejumlah lokasi dan ditemukan ada 4 rakit yang beroperasi di Desa Gunung Kesiangan. Saat anggota datang para terduga pelaku langsung berhamburan terjun kedalam sungai untuk melarikan diri.

"Sejumlah rakit yang ditinggal pelaku langsung dilakukan penindakan dengan dibakar sehingga tidak bisa digunakan lagi," kata Kapolsek Benai Ipda A Candra melalui keterangannya, Jumat, 3 November 2023.

Dia mengimbau agar para pelaku untuk menghentikan aktivitas PETI. Selain tidak memiliki izin juga menimbulkan kerusakan lingkungan.