Sidang Sengketa Pilpres di MK jadi "Pertarungan" Hotman Paris hingga Todung

Mahkamah-Konstitusi.jpg
(Foto: Aditia Noviansyah via kumparan)

RIAU ONLINE - Persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 digelar Mahkamah Konstitusi, Rabu, 27 Maret 2024. Pemeriksaan terhadap dua permohonan sengketa pilpres akan dilakukan secara terpisah.

Adapun permohonan PHPU Pilpres 2024, diajukan oleh pasangan 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang teregister dengan nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan pasangan 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tercatat dengan nomor registrasi 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

Sidang perdana dimulai dari permohonan PHPU atau sengketa Pilpres yang diajukan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Sementara sidang dari pemohon pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan dimulai pada siang hari.

Di sisi lain, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga telah mendaftarkan diri sebagai pihak terkait dalam sidang PHPU Pilpres 2024 pada Senin, 25 Maret 2024 lalu, dilansir dari kumparan, Rabu, 27 Maret 2024.


Dengan begitu, setiap pasangan calon akan bertarung di ruang persidangan MK. Masing-masing paslon juga telah menyiapkan para kuasa hukumnya untuk bertarung dalam sidang PHPU Pilpres 2024.

Masing-masing tim hukum pasangan calon dihadiri sejumlah nama beken yang siap 'bertarung' di sidang gugatan Pemilu 2024 di MK.

Di kubu Anies-Muhaimin (AMIN), terdapat 48 pengacara AMIN yang menggugat sengketa Pilpres 2024. Tim tersebut diketuai Ari Yusuf Amir. Ada juga mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW), pakar hukum Refly Harun, Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani, dan mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji.

Sedangkan di kubu 02, Prabowo-Gibran sebagai pihak terkait, sederet pengacara kondang berlaga siap berlaga di ruang persidangan MK. Tim ini diketuai oleh mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yusril Ihza Mahendra. Ada juga Ketua Umum Aliansi Advokat Indonesia Otto Hasibuan, pengacara senior OC Kaligis, dan Hotman Paris Hutapea.

Tak mau kalah, pasangan Ganjar-Mahfud juga mempersiapkan pengacara terbaik untuk bertempur di sidang sengketa Pilpres 2024. Tim hukum ini dipimpin advokat sekaligus Deputi Bidang Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis. Ada juga Mantan Komnas HAM Ifdal Kasim, pengacara Maqdir Ismail, dan pengacara sekaligus politisi PDIP Henry Yosodiningrat.