´╗┐

Khas Indonesia, 4 Sayuran Ini Bisa Dikonsumsi Mentah atau Dimasak

Mentimun.jpg
(PT Ekadura Indonesia (PT EDI))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sayur lalapan yang biasanya menjadi makanan khas Sunda. Umumnya sayur lalapan ini bisa dikonsumsi secara mentah, direbus, atau dikukus dan dihidangkan bersama dengan sambal dan nasi hangat.

Tidak hanya membuat nafsu makan semakin bertambah, lalapan juga sangat baik untuk kesehatan dan ternyata mempunyai banyak manfaat. Apalagi di Indonesia banyak sekali keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan dan bisa dikonsumsi sebagai sayur lalapan yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum dari sehatq, berikut ini adalah empat jenis sayur lalapan khas Indonesia yang enak dikonsumsi matang ataupun mentah.

1. Timun atau Mentimun

Sayur mentimun pasti sudah tidak asing lagi menjadi sebuah lalapan segar dengan kandungan air yang tinggi.

Oleh karena itu, maka tak heran apabila mentimun ini bisa membantu dalam menambah cairan dan bisa mencegah dehidrasi.

Adapun manfaat mentimun yang lainnya adalah baik untuk penderita diabetes dan merupakan sayuran rendah gula. Selain itu, mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral di antaranya yakni vitamin A, polifenol, folat, dan kalsium yang baik untuk kesehatan.


2. Kemangi


Daun kemangi juga menjadi sayur lalapan sehat karena mengandung kalsium, vitamin K, dan juga efek antioksidan.

Adanya kandungan antioksidan jenis fenolik dan polifenol, seperti flavonoid dan antosianin pada daun kemangi ini bisa untuk melawan radikal bebas.

6 Tips Memilih dan Menyimpan Kemangi agar Tidak Cepat Rontok dan Busuk -  Lifestyle Fimela.com

Shutterstock

Selain bisa menangkal radikal bebas, antioksidan juga bisa menjaga kesehatan tubuh termasuk hati, tekanan darah tinggi, kesehatan mental hingga dapat mencegah penuaan dini.

3. Kol

Tanaman kol atau yang mempunyai nama latin Brassica oleracea adalah sayur lalapan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, dan karotenoid.

Adanya kandungan nutrisi pada sayur kol termasuk antioksidan ini dipercaya bisa mencegah berbagai penyakitseperti bisa mengurangi kanker dan sistem kekebalan tubuh.


4. Kecipir

Dalam sayuran kecipir ini terdapat kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kandungan mineral kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan juga asam folat.

7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Tips Mengonsumsinya | Popmama.com

Shuttertock

Maka dari itu, sayur kecipir ini bisa menjadi sayur lalapan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui. Kemudian sayuran yang mempunyai bentuk unik ini juga mengandung asam amino esensial dan antioksidan yang mana dapat menurunkan kadar kolesterol dan kerusakan sel.

Demikianlah empat jenis sayur lalapan khas Indonesia yang enak dikonsumsi matang ataupun mentah. Semoga bermanfaat dikutip dari suara.com