Amarah Marc Marquez Gagal Naik Podium Usai Crash di MotoGP Valencia

Marc-Marquez-latihan-di-valencia.jpg
(Pablo Morano/Reuters via Kumparan)


RIAU ONLINE - Marc Marquez gagal naik podium setelah mengalami crash di balapan MotoGP Valencia seri terakhir musim 2022. Pebalap asal Spanyol itu marah karena motor yang ditungganginya tak memiliki kecepatan yang baik untuk bersaing di baris depan.

Akhirnya, Marquez menutup MotoGP musim ini dengan hasil kurang memuaskan. Pebalap Repsol Honda itu gagal finis di seri terakhir MotoGP Valencia 2022, Minggu, 6 November 2022, karena terjatuh dari motornya.

Padahal, Marquez memulai balapan dari posisi kedua. Namun, ia gagal mempertahankan posisi itu akibat tergelincir di putaran ke-10, tepatnya di tikungan kedelapan.

Gagal naik podium di seri terakhir MotoGP membuatnya kecewa. Pabalap 29 tahun itu menjelaskan sejumlah penyebab yang membuatnya gagal finis di Valencia.

"Saya punya masalah di awal. Motornya kekurangan tenaga dan tidak bisa berakselerasi di lintasan lurus. Saya telah mencoba untuk mengambil risiko, mengimbanginya dengan pengereman. Hari ini saya ingin naik podium, tapi hasilnya berbeda. Ketika saya kembali, tim sudah mengerti apa masalahnya," ucap Marquez di laman Motosan, dikutip dari Kumparan, Senin, 7 November 2022.


"Jika kami ingin memperebutkan gelar tahun depan, hal-hal seperti itu tidak boleh terjadi. Saya marah dan saya minta maaf, karena kami memiliki kesempatan untuk menang. Ini adalah balapan terakhir saya, dan saya tidak tertarik untuk menghitung [poin]. Sebenarnya, saya ingin berada di podium," lanjutnya.

Kendati begitu, Marquez mengaku bahwa performanya perlahan mulai meningkat sejak MotoGP Aragon 2022. Namun, ia berharap dapat lebih baik lagi di musim depan.

"Dari Aragon hingga hari ini kami telah meningkat. Selama musim dingin, saya harus bekerja satu langkah lebih depan. Saya harus melakukan segalanya dengan 100 persen," ujar pebalap dengan nomor 93 itu.

"Bukan hanya saya, tapi juga Honda. Kami harus bekerja keras sampai tes terakhir pada bulan Maret di Portugal. Saya ingin motor ini meraih kemenangan. Selasa, kami akan mengambil langkah pertama dan kemudian, pada Februari, kami akan membuat satu persiapan lagi agar kami lebih siap," pungkas Marquez.

Hasil yang ditorehkan The Baby Alien di MotoGP Valencia 2022 membuat Honda menuai catatan buruk. Pasalnya, di MotoGP 2022 hanya Honda yang tidak mencatatkan satu pun kemenangan. Marc Marquez pun mengakhiri musim di posisi 13 klasemen dengan raihan 113 poin.

Adapun predikat Juara Dunia MotoGP 2022 diraih oleh Francesco Bagnaia usai finis kesembilan di MotoGP Valencia. Perolehan poinnya tak bisa disamai oleh pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo, yang finis keempat di balapan tersebut. Bagnaia mengumpulkan 265 poin sepanjang tahun 2022.