Instagram Punya 3 Fitur Baru untuk Lindungi Pengguna dari Bullying, Apa Saja?

Ilustrasi-Instagram.jpg
(istockphoto via Jawatimes.com)

RIAU ONLINE - Serangkaian fitur untuk melindungi pengguna dari bullying atau perundungan dihadirkan Instagram. Informasi ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran Produk untuk kreator di Meta, Ivana Kirkbride, saat acara Creator Week 2022.

"Fitur ini kami desain berdasarkan masukan yang kami terima dari para kreator dan figur publik di seluruh dunia, yang kami harap bisa dimanfaatkan oleh khalayak luas," tutur Ivana dalam keterangan resmi, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 7 November 2022.

Ivana mengatakan, Instagram ingin pengguna merasa aman dan nyaman berekspresi maupun berkreasi, sehingga pihaknya terus berupaya mendesain fitur yang bisa melindungi pengguna dari bullying.

Lantas, apa saja fitur Instagram anti perundungan di media sosial milik Meta ini?

Multi-Blokir

Fitur ini desain agar orang yang sudah diblokir tidak bisa mengulang perilakunya, meski mereka membuat akun baru. Lewat fitur ini, pengguna bisa memblokir akun-akun lain yang dibuat oleh seseorang ke depannya.


Berdasarkan tes awal yang dilakukan Instagram, fitur ini telah mengurangi jumlah akun yang diblokir para publik figur di seluruh dunia hingga 4 juta akun.

Hidden Words

Sejak diluncurkan tahun lalu, data internal Instagram menunjukkan penurunan hingga 40 persen dalam jumlah komentar negatif saat seseorang mengaktifkan fitur Hidden Words.

Fitur ini sekarang diperluas untuk mencakup pesan ofensif di DM yang dikirim orang melalui balasan Stories. Instagram juga menambahkan daftar kata-kata di Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Fitur ini akan dinyalakan secara otomatis bagi pengguna menggunakan opsi Akun Kreator di Instagram. Mereka juga diberi opsi untuk menambahkan kata-kata atau emoji yang tidak ingin dilihat di kolom komentar maupun DM.

Nudges

Fitur ini merupakan pemberi peringatan saat seseorang mengetik kata-kata bersifat negatif di Instagram. Fitur Nudges kini tersedia di kolom komentar, dimana pengguna akan mendapatkan notifikasi berhenti sebelum menggunakan kata-kata yang ditandai bersifat ofensif oleh sistem Instagram.

Untuk sekarang, fitur ini tersedia dalam Bahasa Inggris, dan akan diperluas ke bahasa lain dalam waktu dekat.

Instagram dalam beberapa pekan ke depan juga akan menyalakan pengingat untuk pengguna di seluruh dunia saat mengirimkan DM ke akun kreator, sebagai dorongan untuk membangun interaksi yang positif dan kondusif.