Brak! Kereta Api Batu Bara "Adu Kambing" di Lamteng, Begini Kronologisnya

Kereta-api-tabrakan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, LAMPUNG-Dua kereta api (KA) Batu Bara Rangkaian Panjang (Babaranjang) terlibat tabrakan di Stasiun Rengas, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (7/11/2022). Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih mengatakan, kecelakaan antara dua kereta api babaranjang itu terjadi sekitar pukul 02.25 WIB.

Menurut Jaka, kecelakaan bermula saat KA Babaranjang No. Plb 3031A dari arah stasiun Tanjung Karang melaju di jalur I Stasiun Rengas. Lalu KA Babaranjang No.Pl Plb 3056A yang juga masuk jalur I Stasiun Rengas datang dari arah berlawanan dari arah Stasiun Tegineneng. Hal ini mengakibatkan kecelakaan tak terhindarkan.

“Dalam kecelakaan itu tidak ada korban jiwa," kata Jaka seperti dikutip dari suara.com pada Senin siang.

Kecelakaan ini mengakibatkan terjadi ketergangguan perjalanan kereta api lintas Tanjung Karang-Baturaja-Kertapati yakni KA Rajabasa Ekspres relasi Tanjung Karang-Kertapati (PP) dan KA Kuala Stabas relasi Tanjung Karang-Baturaja (PP).


Jaka Jarkasih mengatakan, saat ini petugas fokus mengevakuasi KA agar dalam waktu dekat jalur dapat kembali normal. PT KAI masih melakukan penyelidikan mendalam dengan menurunkan tim ke lapangan untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa kereta api atas ketidaknyamanan karena ada laka itu dan kami memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan membatalkan perjalanan dengan pengembalian uang," ujarnya lagi dikutip dari suara.com

Terlihat dalam sebuah video amatir, kedua kereta api yang terlibat kecelakaan tampak beradu kepala. Sejumlah gerbong terlihat keluar dari jalur perlintasan.

KAI memastikan tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun, kecelakaan itu menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api terganggu.