KPK Turut Amankan Tukang Sapu saat OTT Bupati Pemalang, Ini Perannya

KPK2.jpg
(istimewa)


RIAU ONLINE - Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Mukti Agung Wibowo, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis, 11 Agustus 2022. Dalam OTT tersebut, tim satgas KPK turut mengamankan tukang sapu.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Liputan6.com, Jumat, 12 Agustus 2022, tukang sapu tersebut merupakan tenaga honorer di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. Dia diduga ikut membawa barang saat operasi terjadi.

"Tukang sapu itu honorer, disuruh ikut buat bantu-bantu membawa barang," ujar sumber internal Liputan6.com.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufroan, mengatakan tukang sapu dan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, beserta puluhan orang lainnya, masih diperiksa intensif oleh tim penindakan.

"Tim penyelidik KPK sedang memeriksa pihak yang terkait untuk memperjelas dugaan perbuatan dan pelakunya. Pada saatnya nanti akan kami jelaskan secara lebih detil," ujar Ghufron dalam keterangannya.


Ghufron menyebut, tim satgas KPK menyita sejumlah uang dalam OTT terhadap Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Mukti Agung Wibowo. Bersama Mukti Agung, tim penindakan KPK juga mengamankan puluhan orang lainnya.

"Kita telah mengamankan beberapa orang, sekitar 23 orang dan sejumlah uang serta barang bukti dari Pemalang," kata Ghufron.

Dikatakan Ghufron, Mukti Agung Wibowo dan puluhan orang lainnya diamankan di sejumlah lokasi berbebda pada Kamis, 11 Agustus 2022. Mereka diamankan di sekitaran DKI Jakarta dan Pemalang.

"Di beberapa tempat di DKI Jakarta dan Pemalang," kata dia.

Nurul Ghufron menyebut Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo diamankan tim penindakan lantaran terlibat dugaan tindak pidana suap pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan.

"Berkaitan dugaan tindak pidana korupsi suap dan pungutan tidak sah dalam pengadaan barang dan jasa serta jabatan," ujar Ghufron.