Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo Non Muslim, Ini Kata Ketua PBNU

Komjen-Sigit6.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-KH Marsudi Syuhud tak mempersoalkan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo non muslim. Menurut Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai tunggal calon Kapolri sudah melalui pertimbangan matang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia yang terpenting dalam pengangkatan pembantu Presiden adalah amanah, kafaah, dan kifayah. "Tiga hal ini yang penting," kata Marsudi kepada wartawan, Rabu (13/1/2021). 

Ketua PBNU Tak Persoalkan Komjen Listyo Sigit Non Muslim


Marsudi menekankan, pihaknya tak mempermasalahkan latar belakang Listyo Sigit meskipun non muslim. Menurutnya, latar belakang agama tak bermasalah berdasarkan undang-undang dan hukum.

Ia memberi contoh, negara-negara Islam yang menunjuk pejabat mereka dari latar belakang non muslim. Rasulullah SAW, menurut Marsudi, juga pernah menunjuk seseorang yang beragama non muslim. Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Sambut Baik Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

"Kalau kita lihat negara Islam mana pun, Islam pun banyak yang mengangkat pembantu-pembantunya dari non muslim. Itu saja. Cukup secara pengalaman, kafaah itu cakap. Cakap itu mempunyai segalanya, kepandaian, ilmunya, integritasnya," ujarnya. Artikel ini sudah terbit di Sindonews.com