Sempat Ngambek, Monako Mengalah Punya Bendera Sama dengan Indonesia

Bendera-Indonesia-dan-Monaco.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sempat ngambek, Monako mengalah punya bendera sama dengan Indonesia. Bendera merah putih biasanya akan sangat mudah kamu temui jelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus setiap tahunnya. Sejak kecil, kamu pastinya sudah sangat awam dengan bendera merah putih dan juga maknanya. 

 

Merah melambangkan keberanian, sedangkan putih menyimbolkan niat yang suci. Bendera pertama Indonesia yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945 dijahit oleh ibu negara Fatmawati.


Kedua warna ini disusun secara horizontal. Bagian atas bendera diberi warna merah, sementara bagian bawah diberi warna putih. 
Di masa lalu, pemuda Indonesia juga pernah merobek bendera Belanda dan membuang bagian berwarna biru, serta membiarkan merah putihnya berkibar. 

Walau begitu, di tengah kisah sejarah yang heroik ini, tahukah kamu kalau Indonesia bukan satu-satunya negara dengan bendera merah putih? Ya, ada juga Monako, sebuah negara yang berdiri di dalam Prancis.


Monako hampir mirip dengan Vatikan. Sebab, dikelilingi langsung oleh negara Prancis. 
Monako juga dikenal sebagai negara terkecil di dunia setelah Vatikan. Selain itu, negara yang satu ini juga dikenal sebagai negara kecil dengan populasi penduduk terpadat di dunia. 

Banyak penduduk dari negara sekitarnya, seperti Italia, Prancis, Inggris, dan Amerika bermukim di negara ini. Penduduk aslinya sendiri bahkan terhitung minoritas. Walau begitu, Monako merupakan negara yang makmur. 

Monako memiliki bendera yang sama dengan Indonesia, merah putih. Peletakan warnanya pun serupa, merah pada bagian atas, dan putih di bagian bawah.


Lantas mengapa bisa begitu dan apa bedanya? Dilansir World Atlas, perbedaan pertama yang paling mendasar dari kedua bendera nasional ini dapat terlihat dari dimensinya.


Dimensi bendera merah putih Indonesia memiliki perbandingan panjang dan lebar 2:3, sedangkan Monako memiliki bendera dengan proporsi dimensi 4:5.

Menurut American Flags, Bendera Monako diadopsi secara resmi pada 4 April 1881 di bawah pemerintahan Pangeran Monako, Charles III. Warna merah dan putih di dalam bendera tersebut diambil dari warna bendera House of Grimaldi. 

 

Grimaldi adalah keluarga dari Italia yang merebut kemerdekaan dari Kerajaan Genoa di bawah pemerintahan Francesco Grimaldi pada 1297. Sejak saat itu, warna merah putih digunakan sebagai warna bendera Monako dengan sistem pemerintahan monarki.


Bendera Monako adalah salah satu bendera tertua di dunia. Oleh sebab itu, ketika Indonesia memerdekakan diri dengan membawa bendera merah putih, Monako tak sepenuhnya menerima.


Monako merasa bahwa bendera merah putih sudah lama mereka patenkan dan juga gunakan. Namun, Indonesia menolak untuk mengganti bendera. 

anak balita memegang bendera merah putih - potrait - NOT COV

Anak balita memegang bendera merah putih - potrait - NOT COV Foto: Shutterstock

Alasannya adalah warna merah dan putih yang digunakan dalam bendera Indonesia terinspirasi dari warna bendera Kerajaan Majapahit yang mempunyai sembilan garis merah putih. Penggunaan bendera merah putih yang terdiri dari sembilan garis itu dilakukan selama kurang lebih 200 tahun, tepatnya mulai 1293-1527 Masehi. 

Catatan sejarah itu pun menggoyahkan Monako, karena Majapahit telah lebih lama menggunakan merah putih sebagai warna resmi, jauh lebih lama sebelum negeri tersebut mematenkannya.


Pada akhirnya, Monako dan Indonesia sepakat untuk menggunakan warna yang sama. Kini baik Indonesia maupun Monako sudah mematenkan bendera masing-masing dan terdaftar sebagai anggota PBB. 
Keren sekali, ya. Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com