Jumlah ODP dan PDP Meningkat, Gubri Ultimatum Pemilik Cafe dan Tempat Hiburan

Gubernur-Riau-Video-Conference-dengan-para-bupati-dan-wali-kota.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jumlah Orang Dalam Pemantuan (ODP) virus corona atau Covid-19 di Riau terus bertambah. Hingga saat ini jumlah ODP di Riau sudah mencapai sebanyak 193 orang. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau suspek corona mencapai 41 orang.

Saat ini seluruh PDP atau pasien suspek corona ini masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Riau. Namun dari 41 PDP tersebut, 10 orang dinyatakan negatif dan sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Sementara yang positif ada satu pasien yang saat ini dirawat di RSUD Arifin Ahmad.

"Masih ada 30 orang lagi yang masuk dalam daftar PDP dan masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Riau. Pasien suspek corona ini masih menunggu hasil uji sampel yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI di Jakarta," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat melakukan video comference dengan bupati dan walikota se Provinsi Riau di gedung daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin 23 Maret 2020.


Selain menyampaikan kondisi terkini jumlah ODP dan PDP di Riau, melalui rapat online ini Gubri juga menyampaikan sejumlah hal terkait pencegahan dan penyebaran virus corona di Riau. Gubri meminta kepada bupati dan walikota di seluruh Riau untuk meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat tentang upaya pencegahan Covid-19.

"Kami juga minta agar tempat-tempat hiburan, restoran, rumah makan, cafe-cafe agar ditutup sementara. Jangan ada lagi yang membuat kegiatan keramaian yang melibatkan banyak orang berkerumun dan berkumpul. Ini bagian dari sosial distrancting," kata Syamsuar.