UN Hari Pertama, Mendikbud Ingatkan Siswa Jangan Curang!

Ilustrasi-UNBK.jpg
(Kemendikbud.go.id)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebanyak 1,48 juta siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Siswa Berstandar Nasional 2018 yang mulai digelar Senin, 2 April 2018.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa 3 April 2018, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbd) Muhadjir Effendy langsung turun ke lapangan untuk memantau pelaksanaan UN hari pertama. Mendikbud memantau UN siswa siswi SMK Negeri 29 Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud RI meminta siswa untuk jangan curang selama mengikuti ujian.

"Kami berpesan untuk seluruh siswa yang mengikuti UN untuk mengobarkan semangat belajar, konsentrasi, jangan lupa berdoa dan menjunjung tinggi kejujuran serta menjauhi kecurangan," pesan Effendy.

Dia menjelaskan, prestasi memang penting, tetapi jujur harus lebih diutamakan. Untuk itu dia berpesan pada siswa untuk percaya pada kemampuan sendiri.

UN 2018 untuk tingkat SMK akan diselenggarakan pada 2 hingga 5 April. Kemudian untuk tingkat SMA sederajat pada 9 hingga 12 April dan SMP atau sederajat pada 23 hingga 26 April.


"Untuk UN SMK persiapan sudah 90 persen," jelas dia seperti diansir dari Antara.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bakhrun, mengatakan proses sinkronisasi untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer telah selesai dan sampai saat ini belum ada keluhan.

"Insya Allah sudah siap, masing-masing provinsi sudah melaksanakan sinkronisasi untuk persiapannya," kata Bakhrun.

UN susulan untuk SMK dan SMA sederajat akan diselenggarakan pada 17 hingga 18 April dan untuk SMP sederajat pada 8 hingga 9 Mei. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id