Kalimat Prabowo yang Sebut 'Indonesia Bubar 2030' Ada di Novel Ini

Prabowo-Ketum-Gerindra.jpg
(DW.COM/REUTERS)

RIAU ONLINE - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tengah menjadi buah bibir setelah pidatonya yang menyebut adanya kekhawatiran Indonesia bakal bubar pada 2030.

Prabowo menyebut prediksi itu merupakan hasil kajian yang dilakukan banyak peneliti asing.

"Saudara-saudara, kita masih upacara, kita masih menyanyikan lagu kebangsaan, kita masih pakai lambang-lambang negara, gambar-gambar pendiri bangsa masih ada di sini. Tapi di negara lain, mereka sudah membikin kajian-kajian di mana Republik Indonesia sudah dinyatakan tidak ada lagi tahun 2030," demikian Prabowo menegaskan dalam sebuah pidato yang videonya dipakai Gerindra untuk promosi di media sosial.

Namun ternyata, tak satu pun periset maupun Indonesianis di luar negeri yang mengeluarkan prediksi seperti itu.

Sebaliknya, kalimat "Indonesia bakal bubar tahun 2030" justru terdapat dalam sebuah novel fiksi karya PW Singer dan August Cole, melansir, Suara.com, Kamis, 22 Maret 2018.

"Ghost Fleet: A novel of The Next Word War" judul novel dari duo pengarang fiksi ilmiah dan terbit pada 2015, yang menyebut kalimat tersebut.

Baca Juga Dalam Pidatonya, Prabowo Sebut Indonesia Diramalkan Bubar Tahun 2030


Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla menguatkan hasil penelusuran itu. Ia mengatakan, prediksi tentang Indonesia bubar pada 2030 merupakan kajian fiktif sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan selama masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan di Tanah Air.

"Saya kira itu sudah banyak dibahas, itu tentu sesuatu yang mendapat perhatian, tapi kan fiksi," kata JK seperti diwartakan Antara.

JK mengatakan, potensi perpecahan memang selalu berlaku di setiap negara, tidak hanya Indonesia. Namun, hal itu tentu dapat dicegah apabila masyarakat dapat menjaga persatuan dan kesatuan.

Oleh karena itu, JK selalu menyerukan persatuan dan perdamaian di setiap daerah di Indonesia yang berkonflik, karena peperangan tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi kesejahteraan warga negara.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id