Inilah Penjaga Langit Indonesia Berteknologi Sukhoi SU-35, Ciutkan Nyali Musuh

Pesawat-Tempur-Sukhoi-TNI-AU.jpg
(BOOMBASTIS.COM)

RIAU ONLINE - Kemampuan militer yang kuat dan tangguh merupakan sebuah harga mati bagi pertahanan sebuah negara. Pengadaan alat-alat perang atau alutsista menjadi prioritas utama setiap negara di tengah ketidakpastian situasi dunia yang setiap saat dapat menyulut api peperangan.

Indonesia menjadi salah satu negara yang tak selalu berupaya menyempurnakan peralatan tempurnya. Salah satunya dengan mendatangkan varian terbaru pesawat Sukhoi SU-35 untuk menjaga langit Indonesia. Berikut 5 kecanggihan Shukoi SU-35 yang membuat musuh ketakutan, seperti dilansir dari Boombastis.com, Selasa, 19 Februari 2018.

Pesawat Tempur Generasi Terbaru

Sejumlah jet temput Shukoi asal Rusia telah tiba di Indonesia. Pesawat tempur generasi terbaru ini telah dijejali perangkat canggih, jauh di atas seri pesawat Sukhoi sebelumnya.

Sukhoi SU-35 yang mengusung label pesawat generasi 4++ ini akan menggantikan peran pesawat F-5 Tiger yang selama ini setia menjaga langit nusantara. Shukoi yang mempunyai spesifikasi full combat ini juga siap digunakan untuk mengamankan wilayah udara Indonesia dari agresi militer negara lain.

Menjadi Mata dan Telinga Militer Indonesia

Tak heran jika kehadiran jet Sukhoi SU-35 ini akan membuat ciut nyali negara tetangga Indonesia. Pasalnya, pesawat tempur berteknologi kontrol terbaru dengan athena Array bertahap yang disebut Irbis-E ini, sanggup menjadi mata dan telinga sebagai penyampai informasi yang akurat untuk memetakan wilayah udara Indonesia.

Sukhoi SU-35 mampu melacak hingga menarget sebanyak 30 sasaran sekaligus, Irbis juga dibekali kemampuan memperluas jangkauan pita frekuensi operasi dua kali lipat, serta kemampuan anti-jamming yang memberikan keamanan pada sistem komunikasi pesawat.

 


Boombastis.com

Teknologi Avionik

Shukoi SU-35 varian terbaru ini diklaim mempunyai badan pesawat yang lebih baik dan dinamis dari seri sebelumnya. Selain itu, teknolgi perang yang diusung juga telah sesuai dengan kebutuhan militer Indonesia, terutama TNI Angkatan Udara sebagai pengguna utama. Salah satunya teknologi sistem avioniknya yang melebihi teknologi jet tempur lainnya.

Teknologi aviasi yang dirancang oleh MNPK Avionika Moscow-based Research and Production Association tersebut, dapat melakukan kendali sistem secara bersamaan yang memudahkan pilot saat bertugas. Teknologi tersebut mencakup kontrol jarak jauh, kendali otomatis, sistem pengereman roda dan sasis hingga sistem sinyal udara.

Kecepatan Mesin Jet di atas rata-rata

Shukoi Su-35 telah dilengkap dengan sejumlah pembaruan teknologi, khususnya pada mesin. Mesin yang dikenal sebagai 117S tersebut, mampu memberikan tenaga dan dorongan yang lebih kuat pada mesin.

Dilengkapi bilah kipas baru, turbin serta sistem kontrol digital terbaru mesin jet tersebut mampu menyemburkan daya dorong mesin hingga 14.500 kgf atau mencapai 16 persen dari pada mesin pada seri Shukoi di bawahnya.

Panel kendali baru yang lebih dengan perangkat lunak modern

Agar memudahkan pilot saat bertugas, Shukoi Su-35 ini telah dilengkapi dengan Sistem Manajemen Informasi (SMI) terbaru yang dikelola oleh perangkat lunak modern.

Sistem tersebut akan mengintegrasikan subsistem fungsional, logis, informasi dan perangkat lunak ke dalam satu kompleks yang memastikan interaksi antara awak dan peralatan.

Sistem informasi tersebut, diproses oleh dua komputer digital pusat yang secara keseluruhan dibangun pada konsep kokpit All Glass atau integrasi sistem secara menyeluruh. Bahkan, sistem pengendali persenjataan pada pesawat tersebut, sepenuhnya telah dkendalikan oleh tuas kontrol dengan susunan tombol pada sebuah tampilan multifungsi dan sebuah joystick pesawat.

Selain kemampuannya yang sesuai dengan spesifikasi TNI AU, sistem persenjataan canggih yang diusung juga dinilai dapat menjaga keamanan wilayah udara Indonesia dengan lebih baik.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id