Malam Midodareni Kahiyang Ayu, Ribuan Masyarakat Padati Kediaman Jokowi

Midodareni-Kahiyang-Ayu.jpg
(CNN)

RIAU ONLINE - Pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution tinggal beberapa jam lagi. Prosesi pernikahan dengan adat Jawa telah berlangsung sejak kemarin.

Hari ini ada rangkaian acara siraman pada pagi hari. Selanjutnya malam ini, Selasa 7 November 2017 dilaksanakan acara malam midodareni.

Di malam midodareni, mulai petang hingga tengah malam Kahiyang bakal berdiam diri dan menjaga perilakunya. Dia dilarang tidur dan hanya ditemani beberapa sesepuh. Kahiyang pun diminta untuk banyak berdoa. Keluarga pengantin perempuan juga bakal memanjatkan doa untuk Kahiyang.

Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby Dimulai Hari Ini

Undangan Nikahan Kahiyang Ayu-Bobby Tersebar, Seperti Ini Isinya!

Ini merupakan salah satu rangkain prosesi adat pernikahan Jawa. Dimana pada malam tersebut calon pengantin pria datang berkunjung ke rumah calon mempelai wanita. Dalam tradisi Jawa biasa di sebut Njonggol (menampakkan diri).


Meski datang ke rumah pengantin perempuan, Bobby tak boleh bertemu dengan Kahiyang. Mereka masih dalam pingitan. Bobby dan Kahiyang baru dipertemukan kembali dalam Upacara Panggih sebelum akad nikah, esok harinya.

Berakhirnya malam midodareni dapat diartikan bahwa pengantin perempuan siap untuk melepas masa lajangnya.

Sementara itu, ribuan relawan ikut datang ke Solo untuk mengikuti hajatan orang nomor satu di Indonesia ini. Dari rencana 2.000 orang kemudian terus meningkat hingga diperkirakan mencapai 7.000 orang.

Dikutip dari viva.co.id, memasuki kompleks perumahan Jokowi, pihak keamanan telah menutup akses jalan raya. Para undangan, berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai ke kediaman yang juga sudah dijaga ketat.

Presiden Joko Widodo mengaku terharu, karena banyak masyarakat yang hadir untuk mengikuti prosesi midodareni Kahiyang Ayu di kediamannya, Jalan Kutai Utara Kelurahan Sumber, Banjarsari Solo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan banyak berterima kasih, karena masyarakat dengan suka rela datang dan ikut menghadiri prosesi midodareni putrinya sebelum melangsungkan pernikahan pada Rabu pagi besok, 8 November 2017

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id