Jokowi Jangan Cuma Selfie di Rimbo Panjang

Presiden-Jokowi-Kunjungi-Kalsel-dan-Kalteng1.jpg
(FANPAGE PRESIDEN JOKO WIDODO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Riau ternyata tak fokus pada penanganan kasus asap dan kebakaran hutan serta lahan (Karhutla). Jokowi juga membagikan Kartu Indonesia Sehat KIS) alias kartu sakti, Jumat (9/10/2015). 

 

Selain itu, Jokowi hanya sampai Kampar, tak ke Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, daerah yang terpapar asap terparah selama sebulan ini hingga jatuh korban nyawa melayang. (Baca Juga: Jokowi Datang, Riau Siaga I dan Pejabat Kelabakan

 

Informasi dirangkum RIAUONLINE.CO.ID, Jokowi sama seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2014 silam, hanya melihat-lihat lokasi bekas kebakaran di Rimbo Panjang. Daerah ini memang lahan gambut yang kepemilikannya milik kaum adat dan pribadi-pribadi, bukan korporasi seperti diharapkan. 

 


"Kenapa Jokowi tak ke Pekanbaru? Takut kah dengan asap di Riau. Atau mau selfie di bekas kebakaran Rimbo Panjang tahun lalu dikunjungi SBY dan diskusi dengan para prajurit. Jangan selfie di sana ya Pak Jokowi. Seremonial-seremonial ini tak penting, tak sentuh substansi dari kebakaran dan asap," kata Istikomah Marfuah, warga Pekanbaru, yang juga korban ISPA. (Klik Juga: BNPB Uji Coba Bahan Kimia Padamkan Api di Riau

 

Sebelumnya, sudah dua kali rencana kedatangan Jokowi ke Riau batal, terakhir saat Lebaran Idul Adha, 24 September 2015, usai dari kunjungan ke Sumatera Barat. 

 

Rencana semula, Jokowi ke Jambi, provinsi yang juga terparah terpapar asap akibat kebakaran lahan dan hutan oleh perusahaan. Namun, karena Jambi masih diselimuti asap, Jokowi alihkan rencana kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat dan mendarat di sana. (Lihat Juga: Meme Piye Kabare Zamanku? Banyak Asap Toh?

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, di jalan-jalan protokol seperti Jalan Sudirman hingga Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) hingga Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), banyak aparat kepolisian dibantu tentara bersiaga di kanan kiri. 



Bahkan, jika selama ini para jurnalis bisa masuk meliput di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, kini sama sekali tak bisa masuk. (Klik: Walhi Riau: Lu Lagi, Lu Lagi yang Bakar Lahan

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline