Agar Hasilnya Menarik, Ini Tips Memotret Makanan

MOTRET-MAKANAN.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Hadirnya media sosial yang kian menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini, memicu keinginan mengunggah setiap momen yang terjadi. Tak jarang hal-hal sedikit aneh kerap dilakukan. Kebanyakan orang yang demam dengan medsos seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain, sebelum menyantap hidangan atau makanan selalu memotretnya terlebih dahulu.

 

Memang bukanlah hal yang wajib, menghasilkan foto makanan yang bagus dan menarik, namun alangkah baiknya jika Anda mengetahui tips dan trik cara memotret makanan agar gambar makanan tersebut menjadi menarik seperti layaknya fotografer spesialis makanan ataupun food blogger, meskipun kamera yang Anda gunakan hanyalah sebatas kamera HP atau smartphone.

 

Dan berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara memotret makanan dengan smartphone maupun kamera biasa agar gambar yang dihasilkan sangat baik, menarik dan berkualitas. Siapa tahu Anda bakal menjadi The Next Top Food Blogger di Indonesia. Atau hanya sekadar memajangnya di social media.


1. Mengatur pancahayaan

Dalam melakukan pengambilan objek foto pencahayaan yang terbaik adalah memanfaatkan pencahayaan alami. Itu kalo Anda sedang memotret di luar ruangan. Lalu bagaimana jika foto makanan diambil pada saat Anda sedang makan malam? … Usahakan untuk duduk di tempat atau area yang mendapatkan pencahayaan yang cukup, baik itu di restoran maupun di rumah. Dan jangan sekali-kali menggunakan blitz biar hasil foto kelihatan natural.

 

2. Perhatikan komposisi

Hindari memotret makanan dengan jarak terlalu dekat. Menampilkan objek detail disekitar piring maupun mangkok saji dan sekelilingnya tentu akan mendapatkan hasil foto yang menarik. Sebagai contoh, selain memfoto makanan fotolah juga serbet lucu, pot bunga yang cantik, cangkir unik dan lain sebagainya.

 

Aturan komposisi foto yang lazim digunakan oleh para gotografer adalah Rule of Thirds, yaitu objek utama berada pada posisi 1/3 bagian dalam foto.

 

3. Ambil foto dari berbagai sudut

Lakukan pengambilan foto dari berbagai sudut untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik. Kebnyakan orang ketika mengambil foto makanan dilakukan dari atas saja dengan alasan biar jelas apa makanan yang sedang disajikan, namun itu juga bukanlah hal pakem yang harus diutamakan. Melakukan eksplorasi dalam memotret makanan adalah kunci untuk menghasilkan foto yang menarik.

 

4. Detail penting

Makanan yang Anda pesan dan akan di foto terkadang memiliki detail yang cukup menarik dan tidak biasa seperti halnya makanan di tempat lain. Jadi tidak ada salahnya Anda memotong cake berbentuk bulat, lalu potongan cake tersebut diletakkan di depan dengan cara terpisah. Atau kebersihan pada piring saji juga sangat penting untuk membantu dalam menciptakan hasil akhir foto yang lebih cantik dan menawan.

 

5. Edit dengan aplikasi

Langkah yang terakhir adalah mengedit foto dengan menggunakan bantuan aplikasi agar semakin terlihat menarik. Tidak ada salahnya memberikan sentuhan akhir pada foto-foto dengan menggunakan aplikasi yang tentunya Anda sudah familiar dengan aplikasi tersebut. Sedangkan untuk aplikasi apa saja yang bagus untuk mengedit foto bisa gunakan adobe photoshop untuk komputer, atau bisa cari aplikasi edit foto di Google Playstore untuk smartphone Android.

 

Jika Anda merupakan orang yang gemar memotret makanan dan ingin menghasilkan foto-foto yang bagus dan menawan, silahkan coba tips dan trik tersebut di atas. Hasil foto yang baik ketika diunggah di sosial media seperti Instagram, Facebook, dll tentunya akan mengundang banyak respon yang positif dari follower Anda.