Cara Mahasiswa Abdurrab Kritik Pemerintah Soal Asap

Teatrikal-Ilustrasi-Annas-Maamun.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Abdurrab melakukan aksi teaterikal soal kabut asap terjadi di Riau. Mahasiswa mengkritik kebijakan pemerintah yang serampangan memberi izin lahan kepada pengusaha. 

Mereka berperan sebagai pejabat: ada Presiden RI Joko Widodo, mantan Gubernur Riau Annas Maamun, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Korporasi, Pembakar Lahan, dan Masyarakat.  (KLIK: Jokowi Blusukan Asap Usai Shalat Ied di Bukittinggi)  

 

Cerita berawal dari Korporasi yang meminta izin untuk membuka lahan kepada Plt Gubernur, pengusaha lalu memerintahkan kepada masyarakat untuk membakar lahan yang sudah dikantongi izinnya. Api menyala disertai asap yang mengepul. Teaterikal berakhir setelah ada korban jiwa, hujan pun turun. (BACA: Jokowi Datanglah ke Riau, Ini Tiket Pesawatnya)  

Dalam ilustrasi tersebut juga ditampilkan bagaimana Gubernur Riau non-aktif, Anas Maamun meringkuk dalam penjara, melihat kebakaran yang terjadi dari balik jeruji. (KLIK: Al Azhar dan Azlaini Agus Menangis Luapkan Kekecewaan)  

Massa mahasiswa kemudian menyanyikan lagu Kebyar-kebyar ala Gombloh. Tiga mahasiswi membacakan puisi tentang nasib rakyat Riau yang dilanda asap selama 18 tahun. (LIHAT: Asal-usul Asap Jadi Perdebatan Sengit Gubernur Riau dengan Sumsel)

 

Mahasiswa meminta kepedulian dari pemerintah untuk masyarakat Riau yang dilanda bencana tahunan ini.

Koordinator lapangan, Fachmi Panca mengatakan menuntut seluruh pemerintah baik provinsi maupun pusat untuk menanggapi secara serius derita masyarakat Riau. (BACA: Siti Nurbaya: Rakyat Riau Marah Sekali)

 

“Kita menuntut presiden supaya dapat turun langsung ke Riau untuk melihat langsung bagaimana kondisi sebenarnya masyarakat Riau ini. Selain itu kami juga menuntut kepada Menkes RI, Nila F Moeloek untuk meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Riau karena pernyataannya telah menyinggung kami masyarakat Riau,” tegasnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat (18/9/2015). (KLIK: Nyaris Bentrok, Massa Merasa Ditipu Plt Gubri)  

Usai menggelar teaterikal, Mahasiswa kemudian membagikan masker kepada pengendara jalan yang melintasi di bundaran Tugu Zapin.