Inilah Video 'Angin Tornado' Danau Dibawah

Angin-Tornado-Danau-Dibawah.jpg
(FACEBOOK)

RIAUONLINE, ALAHAN PANJANG - Masyarakat Alahan Panjang, Solok Selatan dan Sumatera Barat (Sumbar) gempar. Pasalnya, Selasa (21/7/2015) sore, sekitar pukul 17.00 WIB, air Danau Dibawah membumbung tinggi ke langit bak seperti angin tornado di film-film Hollywood. 

 

Rekaman video air Danau Dibawah seperti angin tornado tersebut diunggah pertama kali oleh Anggia Nila Permata di akun Facebook-nya, kemarin sore. 

 

Sejak pertama kali diunggah hingga Rabu (22/7/2015), pukul 19.00 WIB, telah dibagikan sebanyak 1.223 dan ditonton 24 ribu kali. Tak ayal, kawan-kawan Anggia memberondong berbagai pertanyaan ke dirinya. 

 

Fenomena danau dibawah

Posted by Anggia Nila Permata on 21 Juli 2015

 

"Lai ndak ado korban, nggi (Adakah korban Anggi)," tanya seseorang dengan akun Maya Donata ke Anggia. "lay ndk ado do buk. nggi dpek video dri kwan nggi buk. cuma ptaran nyo lay d sktar dnau buk (Tak ada korban Buk. Saya dapatkan itu dari kawan. Cuma putarannya saja hanya di sekitar Danau Dibawah)," jawab Anggia. 

 

Dikutip dari berbagai sumber, Danau Dibawah lazim juga dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Pasalnya, selain ada Danau Dibawah, juga ada Danai Diatas.

 

Permukaan air Danau Dibawah berada pada ketinggian 1.566 mdpl. Artinya, permukaan airnya sama tinggi dengan dasar air Danau Diatas. Namun, danau yang memiliki luas 16.90 meter persegi, panjang 5,62 km dan lebar 3,00 km ini sangat dalam, yaitu 886 meter.

 

(Baca Juga: Bruce Lee Pakai Double Stick Kalahkan Pemain Pro Pingpong)

 

Nama kedua danau yang kontradiktif dengan lokasinya ini, sering membuat pengunjung bertanya, kenapa danau yang terletak di atas bukit dinamakan Danau Dibawah, sedangkan yang berada di bawah bukit atau di bawah jalan dinamakan Danau Diatas.

 

Itu karena meski terletak di atas bukit, ketinggian permukaan air Danau Dibawah sama tingginya dengan dasar danau Danau Diatas.

 

Danau Diatas dengan luas 17,20 meter persegi, panjang 6,25 km dan lebar 2,75 km, permukaan airnya berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (m dpl). Danau ini cukup dangkal, dengan bagian terdalam hanya 44 meter.

 

-->