Persi Riau, Tangan-tangan Penyelamat Bumi

Persi-Riau2.jpg
(dok. Persi Riau)

Laporan: Indah Lestari

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Persi yang merupakan singkatan dari Pegiat Konservasi adalah organisasi peduli lingkungan asal Riau. Didirikan oleh 26 orang muda-mudi daerah, 27 Juli 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Sungai Nasional.

Muhammad Aprianda, Popo Haryanto, Fadly Abdi Rizal, Defri Gunawan, Dina Khairina, Mutia Safarinda, merupakan enam sosok pendiri yang sampai saat ini masih sering bersinggungan dengan Persi Riau. Pelopor lahirnya tangan-tangan penyelamat bumi.

Organisasi yang telah berusia tiga tahun ini, dulunya bernama KPKR, Komunitas Pegiat Konservasi Riau. Berganti nama menjadi Persi Riau pada 23 Agustus 2022. Sempena dengan Musyawarah Besar (Mubes) II KPKR.

"Dengan berganti nama, kami berharap akan ada semangat baru, dan wajah baru orang-orang yang peduli lingkungan," ungkap Defri Gunawan sebagai Ketua Umum Persi Riau, Senin, 5 Desember 2022.

 


Sesuai namanya, organisasi ini bertujuan menjaga dan melestarikan lingkungan, serta ekologinya. Berbagai aksi telah digalakkan Persi Riau, mulai dari revegetasi Desa Kerumutan, penanaman Mangrove di Tanjung Leban, bersih-bersih sampah di sepanjang jalan Kota Pekanbaru, bersih-bersih aliran Sungai Siak, diskusi konservasi, dan banyak hal lagi.

Persi Riau telah berkolaborasi dengan sejumlah komunitas serupa. Bahkan pada tahun 2019, pasca Karhutla Persi Riau pernah bekerja sama dengan KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk merevegetasi lahan gambut di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Di sisi lain, di tahun 2020 Persi Riau yang sebelumnya bernama KPKR berhasil merangkul puluhan relawan muda dalam kegiatan Bakti Konservasi di Desa Tanjung Leban, Bengkalis .

Komunitas binaan Kunni Masrohanti, Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau, dan Andri Hansen Siregar, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II, memang ingin tunak di bidang lingkungan. Bergerak menyelamatkan lingkungan bagi keberlangsungan bumi hijau dan sehat, untuk generasi depan.

Tahun ini, Persi Riau dengan nama barunya diketuai Defri Gunawan, beranggotakan puluhan orang. Persi Riau berharap dengan nama yang baru akan lebih progresif lagi. Baik dalam visi-misi maupun aksi.

"Semoga ke depan Persi Riau mampu merealisasikan lebih banyak program-program lagi. Menjadi wadah bagi muda-mudi yang peka dan peduli terhadap krisis lingkungan saat ini," tutur Defri mengakhiri.