Video: Program Desa Bebas Api RAPP Efektif Tekan Karhutla

Apel-Siaga-Karhutla-RAPP.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/UJANG ANDRIAN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejak 2014 silam, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menginisiasi Program Desa Bebas Api atau Fire Free Village Programme (FFVP), ternyata efektif menekan angka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di areal konsesi perusahaan di Provinsi Riau. 

FFVP merupakan respon PT RAPP dan APRIL Group, terhadap anjuran pemerintah, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Polri, TNI dan BNPB, untuk ambil bagian dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Program Desa Bebas Api tersebut turut mengajak dan menumbuhkan kepedulian masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar wilayah operasional PT RAPP akan bahaya dan dampak dari api, terutama penggunaan metode tebang bakar (slash-and-burn) untuk membuka lahan pertanian.

Hasilnya, insiden kebakaran setiap tahun di daerah FFVP terus berkurang. Pada 2014, area terbakar mencapai 0,18 persen dari total area yang dicakup.

Setahun kemudian, 2015, 2016, dan 2017, turun masing-masing menjadi 0,01 persen, 0,07 persen dan 0,03 persen. Pada 2018, area terbakar kembali berkurang menjadi 0,02 persen dari total area dicakup.

FFVP merupakan bentuk kontinuitas mendukung pencegahan kebakaran PT RAPP. Program ini telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar berkat kolaborasi bersama pemangku kepentingan.

"Selain berkontribusi dalam mendukung program pemerintah, FFVP juga berhasil menurunkan angka kebakaran serta menekan angka terjadinya Karhutla dalam skala provinsi Riau," ujar Direktur Utama PT RAPP, Sihol Aritonang, pada acara Apel Penanggulangan Karhutla 2019 di Hanggar Bandara Khusus Sultan Syarif Harun Setia Negara PT RAPP, Kabupaten Pelalawan, Rabu, 26 juni 2019. 

Berikut video Apel Penanggulangan Karhutla 2019, di Hanggar Bandara Khusus Sulatn Syarif Harun Setia Negara PT RAPP: