Mak Nyak Si Doel Anak Sekolahan Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Google-Doodle-Aminah.jpg
(Google)

RIAU ONLINE - Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan menjadi Google Doodle hari ini, Senin 29 Januari 2024.

Karikatur Aminah yang mengenakan kerudung khas Mak Nyak ditampilkan Google dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-86. Menariknya, karitur Aminah dilatar belakangi televisi analog dan berhiaskan bunga serta dedaunan..

Aminah lahir di Magelang pada 29 Januari 1983 dengan nama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih. Ia aktif di dunia seni peran sejak 1956 lewat film Serampang 12. Aminah juga membintangi film Habis Gelap Terbitlah Terang pada 1959.

Mak Nyak alias Aminah Cendrakasih. Foto: Instagram/@sidoelanaksekolahan via kumparan


Aminah juga terlibat dalam sejumlah serial televisi. Satu di antaranya, Si Doel Anak Sekolahan yang melambungkan namanya. Namun perannya sebagai Mak Nyak berakhir dalam film Akhir Kisah Cinta Si Doel pada 2020, dilansir dari kumparan.

Aminah menghembuskan napas terakhir pada 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun. Sebelum meningga dunia, Aminah mengidap glaukoma yang membuatnya kehilangan penglihatan dan terbaring lumpuh di tempat tidur.