8 Tips Mudik Aman dan Nyaman di Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi-mudik3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Momen liburan akhir tahun adalah waktu yang dinantikan banyak orang. Apalagi aktivitas mudik saat liburan merupakan tradisi Indonesia yang dilakukan masyarakat saat hari libur perayaan agama, seperti Natal dan tahun baru.

Agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman, tentunya setiap perantau harus memikirkan berbagai aspek yang mempengaruhi lancarnya perjalanan mudik. Apalagi saat ini kasus Covid-19 kembali menghantui masyarakat setelah pandemi.

RIAU ONLINE merangkum beberapa tips persiapan mudik liburan agar perjalanan pulang kampung lebih aman dan nyaman:

1. Pastikan kondisi tubuh fit

Melakukan perjalanan yang jauh tentunya memerlukan kondisi fisik yang baik. Pemudik bisa menyiapkan obat-obatan dan P3K. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk jika terjadi hal darurat. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan obat-obatan pribadi.

2. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah dalam keadaan aman. Pastikan kompor dalam keadaan mati, mematikan peralatan elektronik, dan mengunci pagar atau pintu rumah. 


Kemudian, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah dan apabila perlu beritahu tetangga atau satpam perumahan kalau kita bepergian supaya ikut mengawasi kondisi rumah.

3. Membawa bekal perjalanan 

Tips ini berguna untuk menghemat biaya saat perjalanan mudik, maka alangkah baiknya pemudik menyiapkan makanan ringan untuk bekal selama perjalanan.

4. Pilihlah transportasi yang aman dan nyaman. 

Jika kamu termasuk orang yang sering mabuk saat menaiki bus, maka kamu lebih baik mudik dengan menggunakan kereta api. Pilih moda transportasi yang nyaman dan benar. Perhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transportasi udara karena lebih cepat.

5. Apabila mudik dengan kendaraan pribadi \, lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban dan peralatan seperti dongkrak, obeng dan tang untuk berjaga-jaga. Hal ini perlu dilakukan supaya perjalanan aman.

6. Saat mudik hari raya, biasa masyarakat cenderung membawa barang dalam jumlah yang banyak. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan mempersulit perjalananmu. Bawalah barang seadanya yang memang sangat diperlukan.

7. Luangkan waktu untuk istirahat ketika mudik dengan kendaraan pribadi, lakukan sedikit peregangan dan memberi waktu kendaraan beristirahat sejenak.

8. Lakukan vaksinasi Covid-19 guna memastikan adanya kekebalan terhadap virus. Tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker sesuai ketentuan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai hand sanitizer.