Natal Sudah Dekat, Begini Caranya Pilih Parcel untuk Orang-orang Terkasih

Ilustrasi-parcel-natal.jpg
(Pixabay via Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hari penuh kegembiraan tentunya menjadi momen setiap orang ingin mempersembahkan sesuatu yang spesial. Seperti saat natal dan tahun baru yang tidak bisa dilepaskan dengan tradisi berkirim bingkisan atau parcel.

Parcel biasanya berupa bingkisan yang dikirimkan ke beberapa orang terdekat baik keluarga, rekan kerja atau orang terkasih. Jenis parcel atau hampers sangat banyak, ada yang berisi makanan hingga barang.

Namun, bagaimana cara memilih parcel agar berkesan? RIAU ONLINE telah merangkum sejumlah tips yang bisa dikuti:

1. Tentukan Penerima Parcel

Sebelum berkirim parcel, pastikan terlebih dahulu membuat daftar penerima. Agar lebih unik dan berkesan kita bisa menyesuaikan isi parcel dengan kesukaan mereka. Dengan membuat list penerima, kita juga bisa membuat perhitungan jarak lokasinya. Agar bingkisan lebih cepat sampai tujuan, gunakan pilihan kurir instan atau yang kini banyak tersedia.

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Parcel

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli parcel adalah pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama, minimal satu tahun. Hal ini untuk menghindari si penerima parcel terburu-buru harus memakan parcel yang kamu berikan. Karena parcel dijual dalam bentuk paket yang berisi beberapa jenis makanan, pastikan kalian mengecek satu per satu tanggal kadaluarsa makanan tersebut.


3. Pastikan Kemasan Isi Parcel Tidak Rusak

Beragamnya makanan dan minum yang berasal dari Malaysia, Tiongkok dan Korea yang masuk ke Indonesia membuat kamu wajib mengamati kandungan bahan yang ada pada setiap isi produk. Hal ini untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan kepada penerima parcel.

Penampilan fisik kemasan juga patut diperiksa. Jangan sampai terjadi kebocoran atau kerusakan pada produk yang ada. Produk-produk seperti kaleng atau plastik sering kali menggembung dan mengalami kebocoran. Hal ini juga sebagai indikasi bahwa bagian dalam makanan sudah rusak atau tidak seperti baru lagi.

4. Perhatikan Kemasan dan Keamanan Pengiriman Parcel

Pertimbangkan kemasan yang menarik memiliki peran penting dalam memberikan kesan pertama. Pilih parcel dengan kemasan yang menarik dan sesuai dengan tema natal. Kemasan yang indah tidak hanya menambah nilai estetika tetapi juga menunjukkan perhatian terhadap detil.

Pertimbangkan juga faktor kepraktisan kemudahan penggunaan dan konsumsi produk dalam parcel juga perlu diperhatikan. Pilihlah parcel yang tidak hanya indah tetapi juga praktis, sehingga penerima dapat langsung menikmati isinya.

4. Pilih yang Disukai Banyak Orang

Parcel yang berkesan tidak selalu mahal tetapi bermanfaat dan bisa dinikmati banyak orang. Parcel yang berisi makanan dan minuman misalnya, bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

5. Sertakan Kartu Ucapan

Kartu ucapan mungkin terdengar sepele, namun kehadirannya menambah parcel istimewa yang diberikan. Berkat kartu ucapan, akan terasa sentuhan personal di dalam parcel meski parcel langsung dikirim dari penjual dan bukan diantar secara pribadi oleh kita. Di dalam kartu ucapan kita juga bisa menyisipkan doa untuk yang menerimanya.