Dosen Fikom UIR Edukasi Orangtua, Bina Karakter Anak Berdasarkan Komunikasi Islam

Dosen-UIR-edukasi-orangtua.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR) memberikan edukasi kepada para orangtua tentang pembinaan karakter anak berdasarkan prinsip Komunikasi Islam. 

Materi edukasi disampaikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau PKM di Kelurahan Bambu Kuning, Kota Pekanbaru. Tim menyasar kelompok ibu-ibu PKK di kelurahan tersebut yang berjumlah 50 orang.

Ketua tim pengabdian, Idawati menyampaikan, kegiatan sengaja menyasar ibu-ibu PKK Yang notabene adalah ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya terlibat langsung untuk mendampingi anak-anak mereka dalam membentuk sikap dan perilaku.

Idawati dalam kegiatan tersebut juga langsung menyampaikan materi tentang bagaimana membina karakter anak berdasarkan prinsip Komunikasi Islam. Suatu komunikasi yang dibangun berdasarkan prinsip keIslaman yang memiliki keramahan, kedamaian, dan keselamatan.

"Komunikasi dan pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam proses pendidikan, dalam proses komunikasi sangat menitikberatkan terhadap isi pesan, untuk itu pesan yang disampaikan oleh orangtua terhadap anak haruslah berdasarkan pesan-pesan keIslaman," paparnya.


Lebih jauh Ida menyampaikan, pesan Komunikasi Islam merupakan sebuah pernyataan-pernyataan yang bersumber pada Alquran dan Assunnah. Namun dalam praktiknya, tidak sedikit orangtua yang belum memahami tentang tujuan pendidikan secara Islami.

Para orangtua juga diberikan pemahaman dan contoh-contoh penerapan nilai karakter yang Islami. Pertama, menanamkan sikap yang religius terhadap anak, serta perilaku tunduk dan patuh terhadap perintah Allah SWT. Lalu, menanamkan sikap jujur terhadap anak, untuk mewujudkan dalam diri seorang anak menjadi orang yang bisa dipercaya dalam berkata-kata.

"Kemudian menanamkan sikap disiplin terhadap anak, tertib dan patuh terhadap aturan-aturan yang dijalankannya. Toleransi, menanamkan sikap toleransi terhadap anak sebagai bentuk wujud menghargai setiap perbedaan yang terjadi," kata Ida menjelaskan.

Ketua PKK diwakili sekretaris PKK Kelurahan menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan PKM. Ia menilai kegiatan sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang membutuhkan edukasi untuk membimbing anak-anak mereka dalam membentuk karakter yang Islami.

Penyampaian edukasi yang berlangsung hingga tiga jam diikuti dengan antusias oleh para anggota PKK. Seorang anggota menyampaikan bahwa ia benar-benar mendapat pengetahuan bermakna dari kegiatan.

"Adanya materi ini saya merasa dapat pencerahan. Pembahasannya relevan dengan permasalahan yang dihadapi sehari-hari, kesulitan dalam memberikan karakter yang Islami terhadap anak-anak," tutupnya.