Mau Nonton di Bioskop? Simak Dulu Aturannya di Sini

Bioskop-CGV2.jpg
(HASLINDA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bioskop merupakan wadah bagi masyarakat untuk menikmati pertunjukkan film layar lebar. Penonton akan menyaksikan suatu cerita yang seolah tampak nyata di hadapannya saat gambar film diproyeksikan ke layar menggunakan proyektor.

Sayangnya, di tengah perkembangan film dalam maupun luar negeri saat ini, masih ada warga yang tidak pernah bahkan takut menonton di bioskop.

Nah, untuk kamu yang untuk pertama kalinya memutuskan menonton film di bioskop, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Datang lebih cepat

Kendati saat ini banyak bioskop yang menjual tiket secara online, namun bagi pemula mungkin akan memilih untuk membeli tiket di loket tiket secara langsung. Akan tetapi, diharapkan untuk datang lebih cepat.

Masuk ke studio bioskop saat film sudah dimulai juga akan mengganggu penonton lainny

Sudah memutuskan film yang ingin ditonton

Biasanya resepsionis akan bertanya film yang jadi pilihan kamu sebelum membeli tiket. Jangan mikir kelamaan dan plin-plan, karena akan membuat antrean jadi panjang. Sebaiknya, putuskan sebelum membeli tiket film.

Menentukan kursi duduk

Pertanyaan ini sedikit menyita waktu, karena kamu harus memilih-milih tempat duduk dahulu. Pada dasarnya kursi duduk dibagi menjadi atas, tengah dan bawah. Jika menonton di atas akan merasa nyaman jika mata masih bisa melihat dengan jelas, tapi menjadi masalah bagi penderita mata minus.


Duduk di tengah dianggap paling pas bagi kebanyakan orang. Namun, hindari memilih kursi di depan, karena akan membuat mata cepat lelah dan kering.

Perlu diingat, mau duduk di kursi manapun harganya sama, oleh karena itu pilih bangku sesuai kebutuhan dan keinginan.

Pahami aturan sebelum masuk studio

Demi kenyamanan kamu menonton film, diwajibkan untuk memahami dan mentaati aturan-aturan yang berlaku di studio, seperti tidak boleh spoiler, tidak boleh berisik, tidak boleh membawa makanan atau cemilan dari luar dan lainnya. 

Jangan lupa beli cemilan

Menonton film tidak afdol rasanya jika tidak ditemani cemilan. Tapi, kamu tidak diperbolehkan membawa cemilan dari luar bioskop. Sebelum masuk studio kamu bisa membeli cemilan yang telah tersedia di sana.

Jangan kehilangan tiket

Untuk bisa masuk studio, kamu akan diminta tiket yang sudah kamu beli. Maka pastikan, kamu menyimpan tiket yang sudah dibeli dengan baik.

Dianjurkan ke Toilet Dahulu

Sebelum nonton, sebaiknya kamu ke toilet dahulu. Terutama untuk kamu yang tidak kuat udara dingin dari AC. Agar tidak bolak-balik toilet juga ketika film sudah dimulai.

Jangan salah masuk studio

Ketika film akan dimulai, biasa penonton akan dipersilakan untuk memasuki studio. Periksa kembali nomor studio atau teater yang tertera pada tiket agar kamu tidak salah masuk studio.

Selain itu, ada sejumlah aturan dan larangan yang harus dipatuhi sebelum menonton di bioskop. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Dilarang meletakkan kaki di atas bangku penonton di depan. Hukumannya bisa diminta keluar dari studio
  2. Berbicara keras-keras di dalam studio bioskop
  3. Mengunyah dengan mengeluarkan bunyi
  4. Minum hingga keluar suara
  5. Buang angin di dalam ruangan
  6. Jalan-jalan di dalam ruangan, cuma buat meregangkan kaki saja
  7. Berdiri karena lelah duduk
  8. Memainkan telepon genggam
  9. Merekam film, dianggap sebagai pembajakan film
  10. Merokok di dalam ruangan
  11. Menjadi spoiler karena sudah hafal isi film.
  12. Meludah dan membuang permen karet di sembarang tempat
  13. Menjahili penonton lainnya
  14. Melempar-lempar barang apalagi sampah ke arah yang salah
  15. Tertawa di bagian yang tidak lucu atau tertawa berlebihan
  16. Tidur mendengkur

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE