Mau Sarapan di Kota Pekanbaru? Yuk Cobain 4 Kuliner Sarapan Khas Ini

Kim-Teng.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang menjadi wishlist para wisatawan, bukan hanya terkenal dengan daerah di atas minyak, di bawah minyak tapi juga kebudayaan dan tempat-tempat indah yang memanjakan mata terutama di Kota Pekanbaru.

Kuliner khas tentunya menjadi suatu keharusan untuk dicicipi saat berlibur. Di Kota Bertuah, tidak sulit untuk menemukan tempat kuliner dengan menu makanan yang memanjakan lidah, seperti tempat sarapan yang selalu menjadi tujuan para wisatawan saat berkunjung ke Kota Pekanbaru

Riau Online sudah merangkum beberapa tempat kuliner sarapan pagi  di Kota Bertuah yang bisa kamu kunjungi.

1. Kedai Kopi Kim Teng

Kim Teng2Abimasarmansyah/RIAU ONLINE

Mencari kuliner sarapan, Kedai Kopi Kim Teng jangan sampai terlewatkan. Lokasinya berada di Jalan Senapelan No 22 A-B-C, Kampung Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau. 

Masyarakat Pekanbaru sangat mengenal kedai yang berdiri sejak 1950-an Ini. Bahkan menjadi menjadi salah satu tempat sarapan termasyhur. Tidak heran, kedai ini selalu ramai pengunjung baik dari warga lokal atau pengunjung dari luar daerah. 

Banyak menu yang bisa dicoba, mulai dari menu favorit pengunjung yaitu roti canai khas Melayu ditemani kopi klasik dan berbagai jenis kopi lainnya. Jika kamu mau makan berkuah, tentunya di sini juga tersedia mie ayam jamur, mie lada hitam dan lainnya.

"Belum ke Pekanbaru, kalau belum coba sarapan di kedai Kim teng, menunya enak-enak semua. Karena ramai sedikit berisik kalau makan ditempat," ucap Atika salah satu pengunjung.

Jam buka mulai dari 06.30-12.00 WIB. Disarankan untuk selalu siap dan melek dalam melihat antrian, terlambat akan disalip oleh pengunjung lainnya sebab ramainya pengunjung.


2. Kedai Kopi King

Kedai Kopi KingAbimasarmansyah/RIAU ONLINE

Pecinta bubur ayam wajib mengunjungi kedai satu ini. Kedai Kopi King berlokasi Jalan Ir. H. Juanda No.75, Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau. 

Kedai Kopi King salah satu kedai kuliner sarapan yang sudah berdiri sejak 1980-an. Menu favorit di sini yaitu bubur ayam dengan telur baik telur setengah matang atau mentah. Jangan khawatir menu di kedai ini bukan hanya bubur, kamu juga bisa pesan nasi goreng, kwetiaw dan masih banyak lagi. 

Di sini terkenal dengan porsi yang besar, bagi kamu yang porsi makannya sedikit bisa memesan setengah saja. Pengunjung datang bukan hanya dari warga lokal tapi juga dari luar daerah.

"Kedai ini dibuka pertama kali sekitar 1980-an, menu favorit disini bubur ayam, pengunjung kalau kesini kebanyakan pesan itu, dari jam buka sampai tutup sekitar 200-300 orang yang datang. Alhamdulillah selalu habis,” tutur Jhon juru masak Kedai Kopi King.

Jam buka kedai ini mulai dari 06.00-12.00 WIB. Disarankan untuk datang pada pagi hari sebab biasanya masuk jam 9 pagi kedai sudah tutup, menunya sudah habis.

3. Miso Pak Lek

Miso Pak LekAbimasarmansyah/RIAU ONLINE

Miso Pak Lek berlokasi Gobah Jalan Thamrin No. 135, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau. Bagi kamu pecinta miso, seblak, soto dan lainnya, wajib berkunjung ke tempat satu ini. Miso Pak Lek berdiri  1974, buka mulai pukul 09.00-12.00 WIB. 

"Tempat makan yang wajib banget dikunjungi, gak bakalan nyesel meski harus duduk empet-empetan,” ucap Arif pengunjung Miso Pak Lek.

Sekarang miso pak lek tidak buka setiap hari, hanya hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan untuk hari-hari besar tutup.

4. Mie Keling

Mie KelingAbimasarmansyah/RIAU ONLINE

Mie Keling berlokasi Jalan Kulim No.1, Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau. Mie Keling yang berdiri sejak 1970-an punya menu mulai mie lendir ciri khas makanan Melayu dengan kuah kacang yang kental, dengan berbagai topping seperti telur, tahu, potongan timun, toge dan lainnya.

Mencari cita rasa Melayu atau Kota Tua Pekanbaru di sinilah tempatnya. Buka pukul 09.00-20.00 WIB, untuk Rabu dan hari-hari besar libur.

Artikel ini ditulis A. Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE