Kini Bayar Ongkos Bus TMP Pekanbaru Non Tunai, Cek Rute Koridornya di Sini

Trans-Metro-Pekanbaru-TMP.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menggunakan angkutan umum diklaim dapat mendukung program go green dalam upaya menyelamatkan lingkungan dan mencegah percepatan pemanasan global. Salah satu angkutan umum yang ada di Kota Pekanbaru adalah Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru saat ini sudah menerapkan pembayaran tarif bus dengan sistem non tunai. Tarif bus berlaku Rp4.000 bagi orang dewasa atau umum dan Rp3.000 bagi siswa.

Bus TMP saat ini memiliki delapan koridor yang memiliki rute sebagai berikut:

1. Bus Koridor 01

Bus Koridor 01 mulai start perjalanan dari Ramayana STC di Jalan Jenderal Sudirman - Hotel Furaya -  berbelok ke Mall Pekanbaru dan terus lurus di Jalan Sudirman menuju Jalan Kaharuddin Nasution - Jalan Raya Pasir Putih - Jalan Raya Pandau Permai - hingga ke Jalan Kopkar Raya dan berhenti di Pandau. Pada arah balik, bus akan melintasi rute kembali hingga sampai di Ramayana STC.

2. Bus Koridor 1A

Bus Koridor 1A memulai start di halte MPP Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman - Dang Merdu - RRI - dan berbelok ke Kantor Pos - dan terus menuju Bandara SSK II. Kemudian putar balik ke Gelanggang Remaja - hingga kembali ke MPP Pekanbaru.

3. Bus Koridor 02

Bus Koridor 02 memulai start dari Terminal BRPS Pekanbaru - Jalan Nangka - Jalan Soekarno Hatta menuju Rumah Sakit Eka Hospital - kembali ke Jalan Nangka - lalu ke Jalan Jenderal Sudirman menuju RRI - putar arah ke Kantor Pos - lurus di Jalan Sudirman - Jalan Harapan Raya - hingga ke Kulim Ujung 1.

Kemudian arah pulang dari Kulim Ujung 2 - Jalan Harapan Raya - melintasi Jalan Sudirman ke arah Taman Sari Awal Bros - berbelok menuju Kasah 1 - lurus di Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Nangka - Jalan Soekarno Hatta  menuju Eka Hospital dan kembali ke Jalan Nangka - berhenti di Terminal BRPS Pekanbaru.


4. Bus Koridor 03

Bus Koridor 03 memulai start dari Awal Bross Sudirman - hingga MTQ lalu putar arah menuju Jalan Arifin Ahmad - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Soebrantas - Jalan Raya PKU  Sungai Pangar - UIN.

Kemudian putar balik hingga sampai kembali ke Awal Bross Sudirman.

5. Bus Koridor 4A 

Bus Koridor 4A memulai start dari Ramayana STC di Jalan Jenderal Sudirman - Hotel Furaya - berbelok ke Mal Pekanbaru ke Jalan Hangtuah Ujung - berbelok ke Jalan Mohammad Dahlan - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Sultan Syarif Kasim - kembali ke Jalan Hangtuah Ujung - Pasar Tangor.

Bus putar balik dari Pasar Tangor - Jalan Hang Tuah Ujung - Jalan Jenderal Sudirman menuju Kantor Pos dan kembali ke Ramayana STC.

6. Bus Koridor 4B

Bus Koridor 4B mulai start dari BRPS Pekanbaru - Jalan Nangka - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Riau - Jalan Jenderal Sudirman  menuju Kantor Pos - berbelok di RRI hingga ke Hotel Furaya - Jalan Riau 1 - Jalan Riau - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Nangka dan kembali ke BRPS Pekanbaru.

7. Bus Koridor 4 C

Bus Koridor 4C mulai start dari MPP Pekanbaru - Jalan Kartini - Jalan Mustika - Jalan Mohammad Dahlan - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Sultan Syarif Kasim - Jalan Hang Tuah Ujung - Jalan Badak Ujung - Jalan Abdul Rahman Hamid hingga ke Kompleks Perkantoran Wali Kota Tenayan Raya. 

Kemudian putar arah ke menuju Jalan Badak Ujung - Jalan Hang Tuah - Jalan Sudirman ke MPP Pekanbaru.

8. Bus Koridor 8A

Bus Koridor 8A mulai start dari MPP Pekanbaru  Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Cut Nyak Meutia - Jalan Ahmad Yani - Jalan Riau - Jalan Siak II - Jalan Palas Mekar - Jalan Kartika Sari - Jalan Umban Sari - Jalan Yos Sudarso hingga di Halte Unilak. 

Kemudian putar balik dari Halte Unilak - Jalan Palas Mekar - Jalan Siak II - Jalan Riau - Jalan Ahmad Yani - Jalan Cut Nyak Dien - Jalan Sudirman menuju Kantor Pos ke RTH Kaca Mayang dan memutar kembali ke MPP Pekanbaru.