Kini WhatsApp Punya Fitur Kunci Obrolan, Begini Cara Aktifkannya

WA6.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE - Fitur baru kembali dihadirkan WhatsApp untuk penggunanya. Fitur yang baru saja diluncurkan ini disebut "Kunci Obrolan" yang memungkinkan pengguna menjaga percakapan tertentu secara lebih pribadi.

Dengan fitur baru ini, kamu bisa mengunci percakapan apa pun. Percakapan yang bersifat privasi bisa ditempatkan di folder khusus dan hanya dapat diakses melalui biometrik, seperti sidik jari atau pemindaian wajah, atau dengan kata sandi.

Selain itu, fitur ini secara otomatis juga akan menyembunyikan referensi apa pun ke obrolan yang terkunci di umpan notifikasi.

Cara mengunci obrolan juga cukup mudah. Kamu cukup ketuk nama obrolan pribadi atau grup lalu pilih opsi kunci, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Kamis, 18 Mei 2023.

Menurut laman Engadget, kamu hanya perlu memasukkan kata sandi atau pemindaian biometrik saat ingin membaca obrolan.


WhatsApp menjelaskan fitur ini tujukan bagi mereka yang berbagi ponsel dengan anggota keluarga dan ingin menghindari snafau ketika orang lain memegang ponsel Anda pada saat yang tepat saat obrolan khusus tiba.

Tak hanya itu, fitur ini memungkinkan kamu mengunci WhatsApp sepenuhnya di belakang otentikasi biometrik.

Orang-orang di belakang aplikasi perpesanan populer mengatakan bahwa mereka sibuk menyiapkan lebih banyak fitur untuk Kunci Obrolan, seperti kemampuan membuat kata sandi khusus untuk setiap obrolan dan alat untuk mengunci obrolan di beberapa perangkat.

Sementara saat ini, Meta yang merupakan perusahaan induk WhatsApp berupaya menjaga WhatsApp tetap aman dan andal. Mereka meningkatkan sistem verifikasi untuk mencegah calon penipu dan menambahkan lebih banyak opsi menangani pesan yang hilang.