Ngantuk Usai Makan Kenyang? 5 Minuman Ini Bikin Kamu Melek Lagi

Ilustrasi-ngantuk2.jpg
(shutterstock via Suara.com)

RIAU ONLINE - Kebanyakan orang akan merasakan kantuk usai makan kenyang. Jika sudah begini, tentunya akan sulit untuk kembali fokus saat harus melanjutkan pekerjaan.

Kenyang memang identik dengan rasa kantuk yang dirasakan. Hampir setiap orang mengalaminya dan ini normal terjadi.

Menurut laman Heathline sebagai dilansir dari kumparan, Rabu, 8 Februari 2023, makanan yang masuk ke tubuh dipecah menjadi bahan bakar oleh sistem pencernaan. Ketika itu pula, makronutrien terbagi-bagi dalam tubuh untuk menjadi cadangan asupan baru.

Asupan baru itu diubah menjadi energi dari protein, glukosa yang menyebabkan gula darah naik, hingga meningkatkan hormon melatonin. Nah, hormon ini bertugas memicu rasa ngantuk.

Tapi jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengusir rasa ngantuk setelah makan kenyang. Mulai dari berjalan-jalan sebentar, peregangan badan atau olahraga kecil, cuci muka, hingga mengonsumsi camilan atau minuman dengan kandungan yang bisa membuat melek lagi.

Misalnya dengan 5 pilihan minuman anti ngantuk yang bisa kamu melek lagi. Apa saja?

1. Kopi

Bukan lagi rahasia bahwa minum kopi bisa membuat kita fokus dan melek lagi. Penelitian Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2013, menemukan bahwa mengonsumsi 400 miligram kafein dapat mengurangi waktu tidur.


Apalagi, kafein dalam secangkir kopi dalam meningkatkan energi dengan bantuan MCT (medium-chain triglycerides) sejenis lemak. Tapi, jangan terlalu manis. Alih-alih menghilangkan ngantuk, gula berlebih justru membuat rasa kantuk melonjak.

2. Teh Hijau

Menurut Times of India, teh hijau juga bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kembali fokus dalam bekerja. Minuman kaya akan L-theanine dan kafein serta antioksidan dan nutrisi lainnya yang memberikan lonjakan energi dengan cepat tanpa efek rasa cemas.

3. Air Kelapa

Air kelapa murni yang manis dan dingin memang cocok dikonsumsi setelah makan siang. Terlebih lagi, air kelapa menyegarkan tubuh seketika. Antioksidan yang tinggi dan elektrolit yang dikandung air kelapa dapat mengimbangi cairan dalam tubuh serta fungsi sistem saraf.

4. Smoothies buah dan sayuran

Jika mengantuk setelah makan kenyang, coba teguk segelas smoothie. Kamu bisa mencampurkan nanas, alpukat, pisang, bayam, dan air kelapa. Para ahli menyebut bahwa minuman ini mampu menambah energi dalam tubuh dan menghilangkan rasa lelah. Tapi, jangan tambahkan gula saat membuatnya.

5. Teh susu kunyit

Teh susu kunyit dalam pengobatan Ayurveda memang sering dikonsumsi karena kaya manfaat kesehatan. Satu di antaranya, membuat kamu kembali segar dan sehat.

Nah, itu dia lima minuman yang ampuh hilangkan kantuk setelah makan kenyang. Mana pilihan kamu?