Kolaborasi Unand Padang, XL Axiata Bekali Wisudawan Hadapi Dunia Kerja

seminar-xl-di-unand.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Melalui XLFL, XL Axiata mengajarkan berbagai kecakapan yang paling relevan yang bisa langsung diterapkan oleh para wisudawan Unand yang akan masuk dunia kerja. Materi pembekalan yang disampaikan di workshop tersedia di platform elearn.id dan aplikasi Sisternet.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi Universitas Andalas (Unand) Padang memberikan pembekalan bagi 1.200 wisudawan agar lebih siap menghadapi dunia kerja. Melalui program XL Axiata Future Leaders (XLFL), tidak kurang dari 1.200 wisudawan, mendapatkan pemaparan mengenai berbagai pengetahuan dan kecakapan yang bisa mereka terapkan setelah lulus kuliah dan mulai masuk dunia kerja. Acara yang dibuka Wakil Rektor 1 Unand, Prof. Dr. Mansyurdin, MS dikemas dalam format workshop dan berlangsung di Convention Hall, Universitas Andalas, Padang, Rabu (11/1).

“Kegiatan ini diwajibkan kepada seluruh calon wisudawan dan wisudawati, karena Unand sadar bahwa kegiatan ini tidak didapatkan di kelas, padahal ini adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa, terutama yang akan menghadapi dunia kerja,” kata Kasubdit Pengembangan Kreativitas Kemahasiswaan Unand, Dr Eng Meifal Rusli.

Workshop ini mengambil tema “Think and Act Like An Entrepreneur”. Selain tim XLFL, hadir juga sebagai pembicara adalah pengusaha perempuan asal Sumatera Barat, Lailatul Himni, serta alumni XLFL yang kini berkarir di Kementerian Keuangan Kantor Wilayah Sumatera Barat, Muthia Muharani.

“Program XLFL memiliki banyak materi edukasi yang sangat perlu untuk dikuasai oleh mahasiswa agar mereka bisa beradaptasi dengan kondisi masyarakat era digital, termasuk perkembangan industrinya yang juga semakin serba digital. Melalui acara workshop ini, kami mengajarkan kecakapan-kecakapan yang paling relevan yang bisa langsung diterapkan oleh para wisudawan yang sebagian besar akan masuk dunia kerja, baik yang hendak bekerja di suatu instansi, maupun yang hendak membuka bisnis sendiri, atau bahkan memilih jalur pengabdian kepada masyarakat,” kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Desy menambahkan, materi pembekalan yang dimaksud antara lain mengenai entrepreneur mindset, seperti menggunakan SMART thinking tools dalam mempersiapkan rencana masa depan. Materi yang disampaikan dalam pembekalan ini lebih banyak bersifat praktis dan bisa langsung diterapkan oleh para mahasiswa setelah mereka lulus dari bangku kuliah. Materi-materi yang disampaikan dalam pembekalan tersebut juga telah berhasil diterapkan oleh ribuan mahasiswa di berbagai universitas di Indonesia. Mereka saat ini telah sukses meniti karir di banyak institusi, termasuk lembaga pemerintahan dan perusahaan-perusahaan besar, di dalam dan luar negeri.

Melalui workshop ini, XL Axiata juga mengenalkan platform elearn.id. Materi pembekalan yang disampaikan di workshop, sebagian besar tersedia di platform elearn.id tersebut. Selain itu, materi mengenai kewirausahaan juga tersedia di aplikasi Sisternet, yaitu aplikasi milik XL Axiata yang didedikasikan untuk tujuan pemberdayaan perempuan, termasuk untuk mendukung kemajuan UMKM milik perempuan.

“Kami sangat mengapresiasi pihak UNAND yang sudah memberikan kesempatan kepada XL Axiata melalui program XLFL untuk memberikan pembekalan ini. Sebagian mahasiswa UNAND juga menjadi peserta atau pernah mendapatkan beasiswa program XLFL dan sudah bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Ada juga yang menjadi pengusaha. Diharapkan ada alumni UNAND yang sukses dan menjadi pemimpin serta pengusaha yang membanggakan Indonesia,” lanjut Desy.

Mahasiswa Indonesia bisa mengakses program edukasi XLFL melalui platform elearn.id secara gratis. Berbagai materi peningkatan softskill tersedia di platform ini, yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian mahasiswa yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Materi-materi tersebut tidak banyak diajarkan di kampus atau pendidikan formal. Melalui platform ini, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai kursus tentang leadership, soft skills dan persiapan karir.