3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Fresh Graduate

Ilustrasi.jpg
(Dok. Canva)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagi kalangan fresh graduate, memahami contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sangatlah penting demi melancarkan proses lamaran kerja. Agar lolos tahap administrasi dan mampu bersaing dengan kandidat lain, pelajari berbagai macam contohnya lewat artikel ini!

Surat lamaran kerja adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan surat lamaran kerja adalah memberikan informasi serta menunjukkan bahwa Anda memahami posisi yang dilamar sesuai kualifikasi.

Pada sebuah berkas dokumen, surat lamaran kerja biasanya disertai dengan CV (Curriculum Vitae). Apa bedanya CV dan surat lamaran kerja? CV menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar dengan lebih rinci, sementara surat lamaran kerja hanya berupa pengantar saja.

Belajar bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar, sebaiknya harus sudah mulai dilakukan oleh para fresh graduate sejak masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Pelajari bagaimana contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate sebagai berikut.

3 Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Kepada

Pihak HRD Matahari Timur Company

Jln. Merdeka No. 69 Jakarta

Dengan hormat,

Saya menulis untuk mengajukan lamaran kerja sebagai Asisten Marketing di Matahari Timur Company. Sebagai lulusan baru dengan gelar di bidang Marketing, saya sangat antusias untuk dapat menerapkan kemampuan dan pengetahuan saya di dunia nyata dan memberikan kontribusi yang bermakna bagi tim.

Selama masa kuliah, saya menyelesaikan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan marketing, termasuk riset pasar, branding, dan iklan. Saya juga memiliki kesempatan untuk magang di PT Microsoft Indonesia, di mana saya membantu tim marketing dalam melakukan riset pasar, membuat konten media sosial, dan menyelenggarakan acara-acara. Pengalaman tersebut memberikan saya kemampuan dan kepercayaan diri untuk berhasil di posisi ini.

Saya sangat tertarik untuk bekerja di Matahari Timur Company karena komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan inovasi. Saya percaya bahwa kemampuan saya dalam riset pasar dan branding akan menjadi aset yang berharga dalam membantu perusahaan terus tumbuh dan membedakan diri dari pesaing di pasar.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim di Matahari Timur Company dan memberikan kontribusi bagi keberhasilannya. Saya berharap dapat mengulas lebih lanjut mengenai kualifikasi saya pada waktu yang akan datang.

Hormat saya,

Adrian Adiputra

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Kepada  Yth.


PT Makmur Djoyo

Di tempat.

Saya yang bernama Agung Prasetyo, mengajukan lamaran sebagai staf teknisi di PT Makmur Djoyo. Sebagai lulusan baru dengan gelar Sarjana Teknik, saya sangat antusias untuk memberikan kontribusi yang bermakna bagi perusahaan.

Selama masa studi di Institut Teknologi Indonesia, saya menyelesaikan beberapa mata kuliah di bidang dan memiliki kesempatan untuk magang di PT Elektrik Nasional, di mana saya membantu berkoordinasi dan melakukan supervisi sehari-hari.

Saya sangat tertarik untuk bekerja di PT Makmur Djoyo karena komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai nasionalisme dan bernegara. Saya percaya bahwa kemampuan saya akan menjadi aset yang berharga dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim di PT Makmur Djoyo dan memberikan kontribusi bagi keberhasilannya. Saya berharap dapat mengulas lebih lanjut mengenai kualifikasi saya pada waktu yang akan datang.

Hormat saya,

Agung Prasetyo

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Kepada Yth.

Pihak Riauonline.co.id

Jln. Semangka No. 51, Pekanbaru, Riau 28128

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media sosial Instagram Riauonline.co.id yang diunggah pada 2 Januari 2023 dengan posisi Reporter, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi tersebut.

Berikut data pribadi saya:

Nama                       : Ahmad Dhanu

Tempat/tanggal lahir : Palembang, 8 Oktober 1994

Alamat                     : Komplek Sukarami Indah Blok K-18 Palembang

Pendidikan terakhir   : S-1 Ilmu Jurnalistik, Fikom Unpad

Status                     : Belum Menikah

Telepon                   : 085722282473

Email                      : [email protected]

 

Saya adalah pria yang aktif berorganisasi, memiliki keahlian menulis, wawancara, fotografi, dan edit video. Saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  • Pas foto terbaru 3×4
  • Fotokopi SKCK

Demikian surat permohonan pekerjaan ini. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan secara detail potensi yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Dhanu

Itulah tadi contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate atau yang belum memiliki pengalaman. Anda juga dapat memilih berbagai contoh surat lamaran kerja di Canva demi menemukan inspirasi. Selain contoh di atas, beberapa tips yang bisa Anda ikuti adalah:

  • Buat judul surat lamaran kerja secara menarik dengan bahasa yang menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan yang Anda lamar.
  • Sertakan rincian mengenai pengalaman yang mendukung mulai dari riwayat pendidikan, organisasi, hingga freelance.
  • Baca ulang dan review seluruh isi surat lamaran Anda.
  • Tunjukkan bahwa Anda memahami perusahaan yang Anda lamar dan bagaimana Anda dapat membantu perusahaan tersebut untuk berkembang.
  • Jadikan surat lamaran kerja Anda menarik dengan menggunakan format yang rapi dan menarik.

Selamat mencoba!