Santai Akhir Pekan, Teh Telang Cocok Temani Pagimu

Teh-Telang.jpg
(hellosehat.com)

Laporan: Indah Lestari

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mungkin banyak orang belum familier dengan Teh Telang. Bahkan belum tahu sama sekali. Tidak seperti teh, teh hitam atau teh hijau yang biasa kita dengar.

Teh Telang berasal dari rebusan bunga Telang atau yang bernama latin Clitoria ternatea. Kaya akan manfaat kesehatan. Cocok menemani momen bersantai dan melepas penatmu di akhir pekan.

5 Manfaat Teh Telang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Cegah Kerusakan Dini Sel-sel Tubuh

Antioksidan dalam Teh Telang, mampu menunda kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi oleh oksidan.

Sebuah penelitian dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menyimpulkan, sumber antioksidan pada Teh Telang ini dihasilkan dari ekstrak metanol yang ada pada bunga Telang.

Antioksidan tersebut mampu cegah penuaan atau kerusakan dini pada sel tubuh, dan beri perlindungan terhadap sel-sel di tubuh kita.


2. Meringankan Gejala Depresi 

Bunga Telang mengandung asam palmitat, senyawa yang mirip dengan asam linolenat, yaitu merupakan asam lemak omega-3 esensial.

Melansir halodoc.com, asam palmitat tersebutlah yang berperan sebagai antidepresan alami. Sebab sifat antioksidan yang dimiliki bunga Telang.

Selain itu, hal ini juga membuat konsumsi Teh Telang, dapat melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan.

3. Kurangi Peradangan Tubuh

Sebagian besar bunga Telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasanya ditemukan pada minyak Zaitun. 

Dengan kandungan asam oleat tersebut, tubuh dapat mengurangi peradangan, bahkan menurunkan risiko kanker.

4. Menekan Laju Kolesterol Tubuh 

Asam palmitat yang mirip dengan asam linolenat, yang terkandung dalam teh bunga Telang, bisa kontrol kadar kolesterol darah.

Menekan laju hiperlipidemia atau kolesterol tinggi. Jika kolesterol terkontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.

5. Ringankan Gejala Diabetes

Teruji secara ilmiah, bunga Telang dapat mengontrol penyerapan gula darah. Omatis hal ini pun dapat menjaga stabilitas gula darah seseorang.

Itulah kelima manfaat teh bunga Telang bagi kesehatan tubuh. Kamu hanya perlu menyeduh sepuluh kelopak bunga Telang dengan air panas selama 15 menit. Bisa juga ditambahkan sedikit gula dan perasan jeruk nipis untuk penyegar rasa. Selamat berakhir pekan dan selamat mencoba!