Viral Balita Pakai Behel Gigi, Ini Usia Ideal Penggunaan Behel pada Anak

Anak-Pakai-Behel.jpg
(Tangkapan layar TikTok @putsho05)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Viral di media sosial TikTok seorang balita menggunakan behel gigi. Sontak video yang diunggah oleh akun TikTok @putsho05 pada 23 Juli 2022, itu menuai berbagai kecaman dari warganet yang melihat postingan tersebut.

Di dalam video terlihat seorang anak yang diduga masih di bawah lima tahun, mengenakan baju berwarna hitam sedang memeriksa giginya yang mengenakan kawat gigi. Pada video itu, hanya terlihat gigi bagian bawah saja.

Karena usia anak itu masih terlalu dini untuk mengenakan behel, netizen mempertanyakan bagaimana mungkin anak perempuan itu diperbolehkan mengenakan behel gigi.

Diduga ibu anak tersebutlah yang memasang behel kepada anaknya sendiri yang masih balita. Belum diketahui lebih lanjut, apakah behel yang digunakan si anak merupakan behel asli untuk merapikan gigi.

"Anak kecil masih gigi susu plis, tolong masih bisa berubah. Ini emaknya kebelet gayain anaknya," komentar seorang warganet.

"Ini dokternya gimana ko boleh?" ucap salah satu netizen.

"Bahaya banget ini," ujar netizen lainnya.

"Aku saja pasang behel 3 hari cekot-cekot, emaknya nggak waras," ujar yang lain.


"Orangtuanya kebelet fyp, anak jadi korban," sahut lainnya.

"Itulah pentingnya ilmu parenting, edukasi yang cukup sebelum memutuskan punya anak. Kasihan anaknya kalau begini," sambung yang lain.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memasangkan behel atau kawat gigi pada anak?

Behel atau kawat gigi sendiri bukan pilihan yang tepat untuk merapikan gigi anak usia balita. Dikutip dari Hallo Sehat, usia yang baik untuk memakai behel adalah saat anak menginjak usia belasan.

Penggunaan kawat gigi pada anak dapat membantu memperbaiki susunan gigi yang tidak teratur. Pemasangan kawat gigi pada anak biasanya direkomendasikan oleh dokter gigi spesialis ortodontis saat gigi anak tumbuh miring, tidak beraturan, tonggos, atau mengalami malokasi.

Dengan pemasangan kawat gigi, susunan gigi yang tidak teratur dapat menjadi lebih rapi dan selaras.

Dilansir dari laman FDC Dental Clinic, pemasangan behel ada syarat yang harus dipenuhi sebelum dilakukan pemasangan. Salah satunya, sebelum memasang behel gigi, orang tua perlu mengetahui waktu atau umur yang tepat untuk pasang behel.

Pemasangan behel biasanya dilakukan pada saat gigi gigi permanen sudah tumbuh, yaitu sekitar umur 12 tahun.

Namun menurut Dr. Thomas J. Salinas yang dikutip dari Mayo Clinic, orangtua sudah bisa berkonsultasi pada dokter gigi untuk mendapat evaluasi mengenai penggunaan behel saat anak berusia tujuh tahun.

Namun berkonsultasi dengan dokter mengenai gigi sejak dini bukan berarti anak akan bisa langsung dipasangkan behel.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui masalah yang menyebabkan gigi berantakan sehingga dokter dapat menentukan jenis perawatan apa yang paling sesuai dan efektif.

Dr. Thomas menambahkan, jika waktu terbaik untuk memasang behel dapat bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab gigi berantakan.

Beberapa alasan untuk memasang behel atau kawat gigi di antaranya seperti gigi yang tumbuh ke samping, saling tindih, atau bad bite (ukuran rahang atas dan bawah tidak sama).